Perbedaan Kepuasan Preseptor pada Penerapan Model Pengaturan Praktik Klinik Kebidanan

Astuti Dyah Bestari, Dany Hilmanto, Farid Husin, Johanes Cornelius Mose, Nanan Sekarwana, Nurhalim Shahib

Abstract


Hasil uji kompetensi bidan tahun 2013 menyatakan bahwa jumlah lulusan bidan yang lulus sebanyak 53,5% dengan batas kelulusan 40,14. Hasil survei WHO bersama Kemkes (2012) menyatakan bahwa kompetensi lulusan bidan hanya 15% yang sesuai kebutuhan kerja. Praktik klinik memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya terhadap pasien nyata dengan bimbingan preseptor. Keberadaan mahasiswa dilahan praktik dapat menambah beban kerja preseptor apabila tidak dikelola dengan baik. Akibatnya preseptor merasa tidak puas saat membimbing mahasiswa dan hal tersebut dapat memengaruhi motivasinya dalam membimbing mahasiswa yang pada akhirnya berdampak pada kinerjanya sebagai pembimbing. Model pengaturan praktik klinik adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mengelola pekerjaan preseptor sebagai pembimbing mahasiswa dilahan praktik.Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan nonequivalent control  group design. Subjek dalam penelitian ini adalah preseptor yang berada diruang bersalin RSUD  Majalaya sebanyak 10 orang sebagai kelompok perlakuan dan 11 orang di RSUD Soreang sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan uji chi-square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 45,5% preseptor pada kelompok kontrol merasa puas, sedangkan pada kelompok perlakuan sebanyak 57,1% (p=0,245).Simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kepuasan preseptor antara kelompok perlakuan dan kontrol pada penerapan model pengaturan praktik klinik kebidanan sehingga perlu dilakukan pengembangan model pengaturan praktik klinik yang mampu memfasilitasi tercapainya kepuasan preseptor.


Keywords


pengaturan praktik klinik kebidanan; kepuasan preseptor

Full Text:

PDF

References


Panitia Uji Kompetensi. Gambaran Pelaksanaan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Periode I Tahun 2014. 2014.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kebijakan Uji Kompetensi sebagai Exit Exam bagi Mahasiswa Program D III Keperawatan, DIII Kebidanan dan Ners. In: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, editor. 2014.

Pardede Donald. Gambaran Hasil Kajian Penyelenggaraan Pendidikan Sebagai Dasar Peningkatan Mutu Lulusan Diknakes. In: Indonesia KKR, editor. 2013.

Firoozehchian Firoozeh Zahra Taheri Ezbarmi, Ideh Dadgaran. Nursing-midwifery students and teachers views of effective factors in clinical education. Elsevier. 2012;47:1832-1837.

Nabolsi Manar Arwa Zumot, Lina Wardam, Faatthieh Abu Moghli. The experience of Jordania nursing student in their clinical practice. Elsevier. 2012 (46):5849-5857.

Changiz Tahereh Alireza Malekpour, Ali Zargham-Boroujeni. Stressors in clinical nursing education in Iran: A systematic review. Iranian Journal of Noursing and Midwifery Research. 2012;17(6):399-407.

Reily Dorothy Marilyn H Obermann. Pengajaran Klinis dalam Pendidikan Kperawatan. Jakarta: EGC; 2002.

Kaphagawani Useh. Analysis of Nursing Students Learning Experiences in Clinical Practice: Literature Review. Ethno Medical. 2013;7(3):181-185.

Mabuda BT E Potgieter, Alberts. Student nurses’ experiences during clinical practice in the Limpopo Province. 2008.

Alhaqwi HT van der Molen, HG Schmidt, ME Magzoub,. Determinant of effective clinical Learning : a Student and Teacher Perspective in Saudi Arabia. Education for Health. 2010;23(2).

Dolmans DHJM IHAP Wolfhagen, E Heineman, AJJA Scherpbier,. Factors Adversely Affecting Student Learning in the Clinical Learning Environment : a Student Perspective. Education for Health. 2008;20(3).

Smith Cheryl Slaughter Jennifer R Helms, Rebecca Burris. Nursing Staff Perception of Student Contributions in Clinical Settings. Journal of Nursing Education. 2012;51(1).

McSharry Edel Helen McGloin, Anne Marie Frizzell, Lisa Winter O Donnell. The Role of the nurse lecturer in clinical practice in the Republic of Ireland. Elsevier. 2010;10:189-195.

Brent Bahnub. Activity-Based Management for financial Institutions. New Jersey: Jhon Wiley & Sons; 2010.

Inez S. Cloete June Jeggels. Exploring nurse preceptors’ perceptions of benefits and support of and commitment to the preceptor role in the Western Cape Province. Curationis 2014;37(1).

Ford Karen Helen Courtney‑Pratt, Mary Fitzgerald. The development and evaluation of a preceptorship program using a practice development approach. Australian Journal of Advanced Nursing.30(3).

Tang Wai Mum. Job Satisfaction among the Nurse Educators in the Klang Valley, Malaysia International Journal of Nursing Science. 2012;2(4):29-33.

Damian Notker Meli Angie Ng, Sarah Singer, Peter Frey, Mireille Schaufelberger. General practitioner teacher job satisfaction and their medical students' wish to join the field - a correlational study. BMC Family Practice. 2014;15(50).



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.12

Article Metrics

Abstract views : 372
views : 460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.