Pengaruh Implementasi Metode Problem Based Learningterhadap Hasil Belajar MateriKeluarga Berencana (Dalam Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi dan KeluargaBerencana I pada Program Studi Kebidanan (D-III) STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi TA.2014/2015)

Rani Sumarni, Ponpon S Idjradinata, Ike Rostikawati Husein, Farid Husin, Tita H Madjid, Hadyana Sukandar

Abstract


Bidan memegang peranan penting dalam memberikan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB). Salahsatu upaya yang dapat dilakukan guna menghasilkan bidan yang berkualitas adalah dengan peningkatan kualitas program pendidikan bidan melalui penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).Problem Based Learning (PBL) merupakan bagian dari strategi KBK yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai dasar pembelajaran peserta didik, sehingga diharapkan dapat berpikir kritis, memiliki keterampilan pemecahan masalah, serta memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi PBL terhadap hasil belajar mahasiswa serta kaitannya dengan Indeks Prestasi Semester I, Self Directed Learning (SDL) dan kinerja tutor.Metode penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain Intact Group Comparison, terdiri dari dua kelompok penelitian, yaitu kelompok perlakuan (PBL) dan kelompok kontrol (non PBL). Penelitian dilakukan di STIKes Jenderal Achmad Yani Cimahi pada bulan Februari−Maret 2015. Sampel sebanyak 120 mahasiswa Semester II, terbagi dalam 3 kelas, yang terdiri dari 1 kelas sebagai kelompok perlakuan dan 2 kelas sebagai kelompok kontrol. Analisis data melalui uji t tidak berpasangan, Mann-Whitney, regresi berganda, dan Korelasi Pearson. Kemaknaan hasil uji ditentukan berdasarkan nilai p<0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh metode PBL terhadap nilai ujian tulis materi KB dengan mempertimbangkan faktor IP Semester sebelumnya (IP Semester I) (p=0,001), tidak terdapat pengaruh metode PBL terhadap SDL (p=0,548), tidak terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan nilai ujian tulis materi KB (p=0,360), terdapat hubungan bermakna antara kinerja tutor dengan kemampuan SDL mahasiswa (p<0,001), dengan nilai korelasi 0,559 yang menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang.Simpulan bahwa Implementasi metode PBL berpengaruh terhadap nilai ujian tulis, metode PBL tidak berhubungan dengan kemampuan SDL mahasiswa, kinerja tutor tidak berhubungan dengan nilai ujian tulis, namun berhubungan dengan kemampuan SDL mahasiswa. Perlu disempurnakannya penerapan metode PBL pada materi KB, serta meningkatkan pelaksanaan tutor training yang lebih optimal, intensif, dan berkesinambungan.

Keywords


Hasil belajar; nilai ujian tulis; kinerja tutor; problem based learning; self directed- learning

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Kesehatan RI tentang Standar Pofesi Bidan, Stat. No.369/Menkes/SK/III/2007 (2007).

Keputusan Mendiknas RI No.45/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, (2002).

Jaafar R, Rashid FA, Rahim AFA, Arzuman H, Yusoff MSB. Student-Centered Learning (SCL) Approaches for Innovative Teaching: Centre for Develoment of Academic Excellence (CDAE), USM; 2012.

Amin Z, Hoon Eng K. Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd; 2003.p213‒247.

Murad MH, Coto-Yglesias F, Varkey P, Prokop LJ, Murad AL. The effectiveness of self-directed learning in health professions education: a systematic review. Medical Education. 2010;44(11):1057‒68.

Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2009.p7-16.

Walsh A. The Tutor in Problem Based Learning: A Novice's Guide. 2005: Available from: fhs.mcmaster.ca/facdev/documents/tutorPBL.pdf.

Chng E, Yew EHJ, Schmidt HG. Effects of tutor-related behaviours on the process of problem-based learning. Advances in Health Sciences Education. 2011;16(4):491‒503.

Dolmans DH, Grave WD, Wolfhagen IH, Van Der Vleuten CP. Problem-based learning: future challenges for educational practice and research. Medical Educatin. 2005;39:732‒41.

Amir MT. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2010.p27‒9.

Hansberger JT, Holt RW. The Effects of Prior Knowledge on Goal Variability & Learning: The More Goals the Merrier. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting. 2002 September 1, 2002;46(12):958‒62.

Wulandari, Sjarkawi, M D. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi. 2011;1(1):14‒24.

Loyens SM, Magda J, Rikers RJP. Self-Directed Learning in Problem-Based Learning and its Relationships with Self-Regulated Learning. Educ Psychol Rev. 2008 2008/12/01;20(4):411‒27.

Hartono B. Self Directed Learning dalam Problem Based Learning di FK UKRIDA. Jurnal Kedokteran Meditek. 2014; 18 (48).

Secondira VM, Retno GR, Suhoyo Y. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada untuk Melaksanakan Pembelajaran yang Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif, dan Konstekstual dalam Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia. 2009;4:34‒45.

Musal B, Gursel Y, Taskiran HC, Ozan S, Tuna A. Perceptions of first and third year medical students on self-study and reporting processes of problem-based learning. BMC Medical Education. 2004;4:16.

Cantillon P, Hutchinson L, Wood D. ABC Of Learning and Teaching in Medicine. London: BMJ Publishing Group; 2003.

Maudsley G. Roles and responsibilities of the problem based learning tutor in the undergraduate medical curriculum. BMJ : British Medical Journal. 1999;318(7184):657‒61.

Abdalla ME, Gaffar AM. The Seven Steps oF PBL Implementation: Tutor's Manual. Jazan-KSA.2011.

Martinus GRR, O.Emilia. Pengaruh Kinerja Tutor Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran UISU. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2012;1:p.193‒9.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i2.17

Article Metrics

Abstract views : 625
views : 686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.