Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Bayi Baru Lahir Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien pada Praktik Klinik Kebidanan
Abstract
Kualitas lulusan bidan dalam memberikan asuhan bayi baru lahir cenderung menurun dan belum sesuai harapan masyarakat, perlu perbaikan kualitas dimulai dari proses pendidikan. Proses pembelajaran kebidanan saat ini sebagian besar diberikan secara terpisah antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lain sehingga mahasiswa bersikap pasif dan tidak dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang holistik. Diperlukan model pembelajaran terintegrasi dengan mengintegrasikan kebutuhan masyarakat dan menyesuaikan dimensi fisiologis, psikologis, agama, budaya dengan kompetensi asuhan bayi baru lahir. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran penerapan model pembelajaran asuhan bayi baru lahir terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan. Desain penelitian intervensi dengan kuasi eksperimental one group pre- post- test design. Subjek penelitian 37 mahasiswa semester IV prodi D-III kebidanan UNS Surakarta. Subjek penelitian diberikan pre-test untuk penilaian awal dan post-test setelah diberikan intervensi berupa pemberian materi model pembelajaran asuhan bayi baru lahir terintegrasi selama 4 minggu.Tes dilakukan untuk menilai motivasi dan kompetensi mahasiswa serta efek asuhan yang diberikan oleh mahasiswa terhadap kepuasan pasien yang bayinya mendapat asuhan bayi baru lahir dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji statistik menggunakan uji wilcoxon (median skor, rentang), untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan uji spearman rho. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan kompetensi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran dengan median skor motivasi (52,0 vs 76,0, p<0,05). Jumlah mahasiswa yang kompeten sebelum dan sesudah praktik klinik kebidanan (0 vs18). Efek peningkatan kompetensi mahasiswa berpengaruh 21,4% terhadap kepuasan pasien yang bayinya mendapat asuhan oleh mahasiswa, 78,6 % dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan penelitian ini adalah terdapat efek penerapan model pembelajaran asuhan bayi baru lahir terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan namun perlu dilakukan penelitian lanjut untuk mengetahui faktor lain yang memengaruhi kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan. Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan dengan Pendekatan Preceptorship dan Mentorship. Jakarta: WHO, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan,; 2011.
Kementrian kesehatan RI. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. Jakarta2011.
Haryati S. Uji Kompetensi Bagi Mahasiswa Bidang Kesehatan Pembelajaran 2013 dan Kesiapan 2014. Jakarta: BPPSDMK 2014.
Donald Pardede. Gambaran Hasil Kajian Penyelenggaraan Pendidikan Sebagai Dasar Peningkatan Mutu Lulusan Diknakes 2013: Pusdiklatnakes BPPSDMK Kemenkes RI.
Karen m E, Charles zandoh, et all, . Delayed Breasfeeding Initiation Increases Risk of Neonatal Mortality. American Academic of Pediatrics. 2014;117(3).
Nurhira Abdul Kadir. Menelusuri Akar Masalah Rendahnya Presentase Pemberian ASI Ekslusif di Indonesia. Al Hikmah. 2014;XV(1).
Chrtiana R Titaley, Cynthia Hunter, Michael J Dibley, Peter Hey Wood. Why do Some Women Still Prefer Traditional Birth Attendants and Home Delivery? a Qualitative Study on Delivery Care Services in West Java Province Indonesia. BMC Pregnancy & Childbirth. 2010;10(43).
Lia Dewi Prafitri. Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Ruang Kebidanan terhadap Pelayanan Post Partum di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2012;IV(1).
Nova Yuliyanti. Pengembangan Model Pembelajaran Asuhan Neonatus Terintegrasi pada Pendidikan Kebidanan. IJEMC. 2015;2(1).
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara; 2010.
Putri Kurnianing Aulia. Hubungan Lingkungan Belajar di Institusi Pendidikan dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKes Aisyiyah Surakarta. Gaster. 2012;9 (2)
Madjid A. Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013.
Kate MS, et al. Introducing Integrated Teaching in Undergraduate Medical Curiculum. International Journal of Pharma Science and Research. 2010;1(1):18−22.14.Adnan, Faisal, Marliyah S. Studi Motivasi Siswa SMP dan Sederajat di Kota Makasar Pada Mata Pelajaran IPA Biologi. Jurnal Bionature. 2012;1(2).
Rukiyah, Maharani SD, Tenar R, editors. Penerapan Pembelajaran Terpadu pada Pembelajaran IPS SD kelas rendah menggunakan Pendekatan Student Centered Bebasis Tematik model Webbed dengan Sarana Multimedia di PGSD. Seminar nasional Pendidikan; 2013; Palembang.
Carlson E. Precepting and Symbolic Interactionism-a Theoritical Look at Preceptorship During Clinical Practice. Advanced Nursing Journal 2013.
Doraisamy R, Radhakrishan S. The Effectivness of Integrated Teaching Over Traditional Teaching Among First Year MBBS Student. 2013;6(2):139−41.
Marita Fadhilah, Yasutomo Oda, Sei Emura, Tsuneaki Yoshioka, Shunzo Koizumi, Et a. Patient Satisfaction Questionnaire for Medical Students’ Performance in a Hospital Outpatient Clinic: A Cross-Sectional Study. Tohoku J Exp Med 2011;225:249-54
Ruhimat T IR, Sanjaya W, Masitoh, Wahyudin D, Tjuparmah Y, et al, . Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2012.
Nurasih, Endang Nurrochmi, Atin Ukayah. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin Terhadap Pertolongan Persalinan oleh Bidan di Puskesmas PONED Ujung Jaya. Jurnal care. 2014;2(3).
Digital Object Identifier
DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i2.18Article Metrics
Abstract views : 492views : 771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal IJEMC terindeks pada:
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.