Perbedaan Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Kegawatdaruratan Maternal antara Kurikulum Konvensional dan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Sefita Aryuni Nirmala, Rani Nurparidah, Rima Nopiantini

Abstract


Usaha menyiapkan bidan yang tanggap dan dapat mengatasi berbagai situasi kompleks yang dihadapi, dibutuhkan bidan yang mampu berpikir kritis, analisis–sintesis, advokasi, dan kepemimpinan yang hanya dihasilkan oleh pendidikan kebidanan yang berkualitas dengan kurikulum yang mampu menjawab tantangan zaman. Pengembangan kurikulum Prodi Diploma Kebidanan FK Unpad adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi  dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam penanganan kegawatdaruratan maternal antara kurikulum konvensional dan KBK. Rancangan penelitian eksperimental dengan pendekatan Randomized pre-tes –post-test control group design, responden melibatkan 52 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol dan dipilih secara acak. Penelitian dilakukan bulan Juni–Desember 2014. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan dan keterampilan penanganan kegawatdaruratan maternal antara mahasiswa dengan kurikulum konvensional dan KBK. Data dikumpulkan melalui pre-tes dan post-tes pada kedua kelompok. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada nilai post-tes pengetahuan pada kedua kelompok (p=0,027) dan terdapat perbedaan bermakna pada nilai post-tes keterampilan pada kedua kelompok (p=0,000). Tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada peningkatan nilai pengetahuan dan keterampilan antara yang menggunakan kurikulum konvensional dengan KBK. Simpulan penelelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai pre-tes dengan post-tes pengetahuan dan keterampilan pada kedua kelompok.

Keywords


KBK; keterampilan; kurikulum konvensional; kegawatdaruratan maternal; pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Faqir M, Zainullah P, Tappis H, Mungia J, Currie S, Kim YM. Availability and distribution of human resources for provision of comprehensive emergency obstetric and newborn care in Afghanistan : a cross-sectional study. Int J GynaecolObstet2012, 116:192-6.

Turkmani S, Currie S, Mungia J, Assefi N, Javed Rahmanzai A, Azfar P, dkk. Midwives are the backbone of our health system: lessons from Afghanistan to guide expansion of midwifery in challenging settings.Midwifery 2013, 29:1166-72.

Warmelink JC, Wiegers TA, Cock TPd, Spelten ER, Hutton EK. Career plans of primary care midwives in the Netherlands and their intentions to leave the current job.Human Recourses for Health. 2015, 13:29.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Pengembangan dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Berbasis Capaian. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; 2012.

Giribet MC, Moya JL. Strengths and weaknesses of Problem Based Learning from the professional perspective of registered nurses. Rev. Latino-Am. Enfermagem. 2014, 22; 724-30.

Dahlan. S, Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2010.

Lonkuijzen. LV, Dijkman. A, Roosmalen. JV, Zeeman. G, Scherpbiere. A. A systemaic review of the effectiveness of training in emergency obstetric care in low-resource environments. 2010. diunduh 20 November 2011. Tersedia dari: www.bjog.org

Nirmala. SA. Korelasi Antara Pelatihan Poned Dengan Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Bidan Mengenai Penanganan Kegawatdaruratan Obstetri Dan Neonatal Dasar Pada Puskesmas Poned di Kabupaten Bandung Tesis. Bandung: Universitas Padjadjaran; 2013

Galukande M, Katamba A, Kigulis S, Malwadde EK, Kijjambu S, Sewankambo N. Problem based learning: tutors’ view 5 years after implementation at sub-Sahara University. African Health Sciences. 2015, 15(1).

Coutos LB, Bestetti RB, Restini CBA, Faria-Jr M, Roma GS. Brazilian medical students’ perceptions of expert versus non-expert facilitators in a (non) problem-based learningenvironment. Medical Edu Online [online jurnal] 2015 [diunduh 22 mei 2015]. Tersedia dari http://www.biomedcentral.com

Fini IA, Hajibagheri A, Hajbaghery A. Critical Thinking Skills in Nursing Students: a Comparison Between Freshmen and Senior Students. Nurs Midwifery Stu. 2015, 4(1).



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i2.21

Article Metrics

Abstract views : 815
views : 861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.