Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien setelah Mendapatkan Model Pembelajaran Asuhan Nifas Terintegrasi

Allania Hanung, Farid Husin, Irvan Afriandi, Dany Hilmanto, Vita Murniati Tarawan, Setiawan Setiawan, Ishak Abdulhak

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kualitas bidan. Didasarkan atas kajian sebelumnya bahwa pendidikan bidan perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pasien,serta melibatkan multi disiplin ilmu.Diharapkan dengan pendekatan tersebut, dapat meningkatkan kompetensi bidan. Penelitian mengenai kurikulum terintegrasi telah banyak dilakukan pada pendidikan kedokteran, dan terbukti efektif meningkatkan kompetensi mahasiswa. Namun, penelitian kurikulum kebidanan terintegrasi di Indonesia masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan asuhan nifas terintegrasi terhadap peningkatan motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien dalam praktek klinik kebidanan. Penelitian ini menggunakan metodequasi eksperiment dengan pre-post one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi DIII Kebidanan UNS dan pasien yang mendapat pelayanan asuhan nifas oleh mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa 37 orang, dan pasien 37 orang yang mendapat pelayanan dari mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juli 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan kompetensi sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran asuhan nifas terintegrasi (p<0,001). Rata-rata peningkatan pengetahuan mahasiswa sebesar 20,27%, peningkatan sikap sebanyak 20,27%, dan peningkatan ketrampilan sebanyak 21,63%. Sebelum diberikan asuhan nifas terinetgrasi, mahasiswa tidak ada yang kompeten, namun sesudahnya terdapat 22 orang mahasiswa yang kompeten. Kompetensi mahasiswa meningkatkan kepuasan pasien sebesar 10,667 kali (OR=10,667). Unsur kompetensi yang paling memengaruhi kepuasan adalah ketrampilan (p<0,001). Kepuasan pasien dipengaruhi oleh ketrampilan mahasiswa sebanyak 40%. Simpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran asuhan nifas terintegrasi mampu meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa D III Kebidanan, serta meningkatkan kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.


Keywords


kepuasan; kompetensi; motivasi; nifas; terintegrasi

Full Text:

PDF

References


Laporan Hasil UK Nakes Tahun 2013. Gambaran Pelaksanaan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Periode I tahun 20142014.

Kemenkes. Pengumpulan data dan Kajian Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu pada Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan di Indonesia tahun 20122012.

WHO. Strengthening Midwifery Toolkit Module1Strengthening Midwifery: A background paper. Switzerland: WHO Press; 2011 06/11/2014].

UNICEF. Ringkasan Kajian Kesehatan Ibu dan Anak2012.

WHO. Strengthening Midwifery Toolkit : Module4 Competencies for midwifery practice. Switzerland: WHO Press; 2011 07/12/2014].

Azer SA, Hasananto R, Al-Nassar S, Somily A, Saadi MMA. Introducing Integrated Labolatiry Classes in a PBL Curriculum: Impact on Student's learning and Satisfaction. BMC Medical education. 2013;13(17).

Schunk DH, Pintrinch PR, meece JL. Motivasi dalam pendidikan teori, penelitian dan aplikasi. Jakarta: Indeks; 2012.

Okayama M, Kajii E. Does community-based education increase students’ motivation to practice community health care? - a cross sectional study. BMC Medical Education. 2011;11(19).

Drake SM. Menciptakan Kurikulum terintegrasi yang Berbasis Standar. Jakarta: Indeks; 2013.

WHO, Pusdiknakes. Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan Dengan Pendekatan Preceptorship dan Mentorship. Jakarta2011.

Scholes J, Endacott R, Biro M, Bulle B, Cooper S, Miles M, et al. Clinical decision-making: midwifery students’ recognition of, and response to, post partum haemorrhage in the simulation environment. BMC Pregnancy and Childbirth. 2012;12(19).

Lupi CS, Runyan A, Schreiber N, Steinauer J, Turk JK. An educational workshop and student competency in pregnancy options counseling: a randomized controlled trial. Am J Obstet Gynecol. 2012;207(414):1-7.

Brady S, Bogossian F, Gibbons K, Wells A, Lyon P, Bonney D, et al. A protocol for evaluating progressive levels of simulation fidelity in the development of technical skills, integrated performance and woman centred clinical assessment skills in undergraduate midwifery students. BMC Medical Education 2013;13(72).

Fadhilah m, Oda Y, Emura S, Yoshioka T, Koizumi S, Onishi H, et al. Patient satisfaction quetionnaire for medical students' performance in a hospital outpatient clinic: a cross-sectional study Tohoku J Exp Med. 2011;225:249-54.

Wilson A, Hewitt G, Matthews R, Richards SH, Shepperd S. Development and Testing of a Questionnaire to Mearure Patient Satisfaction with Intermediate Care. Qual Saf Health Care. 2006;10:314-9.

Rodriguez HP, Anastario MP, Frankel RM, Odigie EG, Glahn WHRv, Safran DG. Can teaching agenda-setting skills to physicians improve clinical interaction quality? A controlled intervention. BMC Medical Education. 2008;8(3).

Executives ACoH. Patient satisfaction 2006.

Schoenfelder T, Klewer J, Kugler J. Determinants of patient satisfaction: a study among 39 hospitals in an in-patient setting in Germany. International Journal for Quality in Health Care. 2011;23(5):503-9.

Waldenstrom U, Rudman A, Hildingsson I. Intrapartum and postpartum care in Sweden: women’s opinions and risk factors for not being satisfied. Acta Obstetricia et Gynecologica. 2006;85(551-60):551.

Yan Z, Daiwan, Li L. Patient satisfaction in two Chinese provinces: rural and urban differences. International Journal for Quality in Health Care 2011;23(4):384–89.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4.23

Article Metrics

Abstract views : 330
views : 294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.