Korelasi antara Kadar Vitamin D dengan Kejadian Preeklamsi

Ekadewi Retnosari, Wiryawan Permadi, Elsa Pudji Setiawati, Farid Husin, Johanes Cornellius Mose, Udin Sabarudin

Abstract


Program Pembangunan Kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatannya yaitu ibu hamil, ibu bersalin dan bayi pada masa perinatal. Hal ini ditandai dengan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI). Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, AKI tahun 2007 sebesar 228/100.000 Kelahiran Hidup (KH) meningkat menjadi 359 /100.000 KH. Penyebab langsung kematian ibu adalah faktor yang berhubungan dengan komplikasi kehamilan, persalinan dan nifas seperti perdarahan, preeklamsi/eklamsi dan infeksi. Preeklamsi  merupakan gangguan multifaktorial. Beberapa penelitian memperlihatkan adanya bukti yang mendukung tentang kadar vitamin D yang berperan untuk terjadinya komplikasi kehamilan. Sumber vitamin D berasal dari sintesis endogen (matahari) dan sintesis eksogen (makanan). Sinar ultraviolet dapat mengubah pre vitamin D menjadi  vitamin D3. Indonesia terletak didaerah tropis yang kaya akan sinar ultraviolet, tetapi masih banyak ibu hamil yang menderita preeklamsi, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menganalis hubungan antara kadar vitamin D dengan kejadian preeklamsi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang di diagnosis preeklamsi dan di diagnosis hamil normal yang melakukan pemeriksaan di RSUD H.M. Rabain dan  empat puskesmas di wilayah kabupaten Muara Enim. Total sampel 76 orang yang terdiri dari 38 orang kelompok kasus dan 38 orang kelompok kontrol. Rancangan penelitian dengan metode analitik yang dilakukan secara cross sectional. Analisis hasil dengan uji korelasi Point Biserial. Hasil penelitian dengan uji korelasi Point Biserial menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kadar vitamin D dengan kejadian preeklamsi dengan nilai p  0,052. Simpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara kadar vitamin D dengan kejadian preeklamsi awitan dini. Kadar vitamin D berkaitan  dengan awitan lanjut pada kejadian preeklamsi yang merupakan bagian dari faktor maternal, disamping itu kejadian preeklamsi sampai saat ini dipengaruhi oleh etiopatogenesis yang kompleks.

Keywords


Kadar vitamin D; kehamilan; preeklamsi

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS - KIA). Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Direktorat Bina Kesehatan Ibu; 2009.

Swasono Edi T. Angka Kematian Ibu (AKI) Melonjak , Indonesia Mundur 15 Tahun Prakarsa Policy. 2013:1−4.

Kemenkes. Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu. Kedua ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA RI; 2012.

Bezerra Sammy ML, Murthi Padma. Preventive Of Preeclampsia. Journal Of Pregnancy. 2012:9.

Cunningham FG LK, Bloom SL, Hauth JC, Rouse DJ, Spong CY. Williams Obstetric 23 ed. New York 2010.

Williams Paula ML. The Role of Genetics in Pre-eclampsia and Potensial Pharmacogenomic Interventions. Pharmacogenomics and personalized Medicine. 2012;5:37−51.

Erna S. Kadar Lipid Peroksida pada Kehamilan Normotensi dan Preeklamsi. Majalah obstetri dan Ginekologi. 2012:65−71.

Martaadisoebrata D WF, Effendi J. Obstetri Patologi Jakarta: EGC; 2013.

Dawodu Adekunie AH. Vitamin D Nutrition in Pregnant :Current Opinion. International Journal of Women's Health. 2013;3(5):333−43.

Uwe G. Mikronutrien. Jakarta: EGC; 2013.

Elina H. Vitamin D For The Prevention of Preeclampsia? A Hypothesis. Nutrition. 2005:225−32.

Cynthia A. Vitamin D and The Immune System. Investing Med. 2011;6:881-6.

LaMarca Babbette RJM, Granger P.Joey. Pathophysiology of Hypertension During Preeclampsia: Role of Inflamatory Cytokines. 2007:69−74.

Dror K.Daphna KCJ, Fung B.Ellen. Evidence of Association Between Feto-Maternal Vitamin D Status, Cord Parathyroid Hormone and Bone-Specific Alkaline Phosphatase, and Newborn Whole Body Mineral Content. Journal Nutrients. 2012;4:68−77.

Lechtermann Carolin hB, herman Ralf, Schundein Michael. Maternal Vitamin D status in Preeclampsia: Seasonal Change Are Not Influenced by Placental Gene Expression of Vitamin D Metabolizing Enzymes. Plos One. 2014;9(8):1−7.

Poon N. Early Prediction of Preeclampsia. Obstetrics and Gyneacology International. 2014:11.

Ajabshir Sahat AA, Nayer Ali. The Effect of Vitamin D on the Renin Angiotensin System. Journal of Nephropathology. 2014;3:41−3.

Kaushal manila MN. Vitamin D in Pregnancy: A Metabolic Outlook. Indian journal of Endocrinologi and Metabolism. 2013;17(1).

setiati S. pengaruh pajanan sinar ultraviolet B bersumber dari sinar matahari terhadap konsentrasi vitamin D(25(OH)D) dan hormon paratiroid pada perempuan usia lanjut Indonesia. Kesehatan Masyarakat Nasional. 2008;2:147−53.

Michael H. Sunlight and vitamin D for bon health and prevention of autoimmune diseases, cancers and cardiovascular disease. American Society for clinical nutritions. 2004:1678−88.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4.34

Article Metrics

Abstract views : 1207
views : 3011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.