Upaya Meningkatkan Soft SkillsPreseptor Melalui Pemanfaatan Telekonferensi Video
Abstract
Kualitas soft skills preseptor memengaruhi kualitas lulusan bidan.Apabila soft skills preseptor dalam membimbing para bidan rendah, maka kualitas lulusannya pun rendah. Faktor yang mempengaruhi soft skills preseptor antara lain adalah beban kerja preseptor di rumah sakit yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh telekonferensi video terhadap peningkatan softskills preseptor. Adapun yang termasuk soft skills meliputi motivasi, disiplin, tanggung jawab, komunikasi dan kerja sama. Populasi dalam penelitian adalah preseptor dengan sampel terdiri dari 10 orang kelompok kontrol dan 10 orang pada kelompok perlakuan.Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pre-postwithcontrolgroup.Peneliti memasang alat telekonferensi video jenis Broadband Wireless Access (BWA) pada kelompok perlakuan. Sedangkan kelompok kontrol menjalankan bimbingan konvensional, yaitu tanpa menggunakan telekonferensi video.Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi.Analisis data soft skills kelompok penelitian menggunakan uji t tidak berpasangan atau uji Mann-Whitney sebagai uji alternatif.Untuk melihat besarnya pengaruh perlakuan terhadap peningkatan soft skills preseptor menggunakan regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa telekonferensi video pada pembelajaran praktik klinik kebidanan berpengaruh besar terhadap soft skills preseptor.Persentase peningkatan soft skills preceptor dengan nilai rerata soft skillskelompok perlakuan yaitu 21,9% lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya 7,4%. Soft Skills preseptor Kelompok Perlakuan terbukti meningkat hingga 93,5% dengan nilai p = 0,000. Soft skills preseptor kelompok perlakuan menjadi lebih baik apabila dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tanpa menggunakan telekonferensi video.Simpulan penelitian ini adalah telekonferensi video dalam pembelajaran praktik klinik kebidanan berpengaruh terhadap peningkatan soft skills preseptor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Kemenkes RI. Panitia Uji Kompetensi: Gambaran Pelaksanaan Uji Kompetensi TenagaKesehatan Periode I Tahun 2014 [Internet]. Panitia Uji Kompetensi. 2014.
Kemenkes RI. Survei Kualitas Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan di Indonesia Tahun 2011-2012. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.2013
Katar Tanriverdi Gulbu, Tugba. Problems Experienced by Midwifery And Nursing Students in Turkey During Clinical Practice and Their Recommended Solutions to The Problems. International Journal of Caring Sciences. 2009. Vol. 2. 22-31
Catherine Burns, Michelle Beauchesne, Patricia Ryan-Krause, Kathleen Sawin. Mastering the Preceptor Role: Challenges of Clinical Teaching. Journal of Pediatric Health Care. 2006. Vol.20 No. 3. 172-183
Girja K Madhavanprabhakaran, Raghda K Shukri, Jahara Hayudini, Suresh K Narayanan. Undergraduate Nursing Students' Perception of Effective Clinical Instructor: Oman. International Journal of Nursing Science. 2013. Volume 3(2). 38-44
Pu-Shih Daniel Chen, Kevin R. Guidry, & Amber D. Lambert. Engaging Online Learners: A Quantitative Study of Postsecondary Student Engagement in The Online Learning Environment. Annual Meeting of The American Educational Research Association; San Diego: University of North Texas; 2009.
Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): SPS Universitas Pendidikan Indonesia.
WHO. Midwifery Educator Core Competencies. 2013. Available from:
Saeful Zaman, Tim Gibasa Consultant. Revolusi Mental Dalam Praktek Soft Skills. Bandung: Media Perubahan; 2015.
Peggy Klaus. The Hard Truth About Soft Skills: Workplace Lessons Smart People, Wish They'd Learned Sooner. New York: HarperCollins; 2007
Dale Bjorg, Leland Arne, Gunnar DJ. What Factors Facilitate Good Learning Experiences in Clinical Studies in Nursing: Bachelor Students Perceptions. ISRN Nursing. 2013.
Illah Sailah. Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. 2008.
Farhad Fatehi, Nigel R Armfield, Mila Dimitrijevic, Leonard C Gray. Clinical Application of Videoconferencing: A Scoping Review of The Literature for Period 2002-2012. Journal of Telemedicine and Telecare. 2014. Vol. 20(7). 377-383
C Newman, E. Martin, DE. McGarry, & A. Cashin. Survey of a Videoconference Community of Professional Development for Rural and Urban. The International Electronic Journal of Rural and Remote Health Research, Education, Practice and Policy. 2009. 9. 1-8
Lamba Pankaj. Teleconferencing in Medical Education: A Useful Tool. Australasian Medical Journal. 2011. Vol. 4 (8). 442-447
Bruno Monteiro Tavares. Pereira, Thiago Rodrigues Araujo Calderan, Marcos Tadeu Nolasco Da Silva, Antonio Carlos Marttos Jr & Gustavo Pereira Fraga. Initial Experience at University Teaching Hospital From Using Telemedicine to Promote Education Through Video Conferencing. Sao Paulo Medical Journal. 2012. Vol. 130 (1). 32-36
C Newman, E. Martin, DE. McGarry, & A. Cashin. Survey of a Videoconference Community of Professional Development for Rural and Urban. The International Electronic Journal of RUral and Remote Health Research, Education, Practice and Policy. 2009. 9. 1-8
Cynthia A. Blum, Jeanette Kamciyan, Amy Dean. Stakeholder Focus Groups to Inform a Technology-Based Strategy of Preceptor Support. Nursing Research and Practice. 2012. Vol. 2012. 1-7
Tony Malinovski, Tatjana Vasileva-Stojanovska, Dobri Jovevski. Adult Students' Perception in Distance Education Learning Environments Based on a Videoconferencing Platform - QoE Analysis. Journal of Information Technology Education: Research. 2015. Vol. 14.
Carole E. Marrow, Hamer, Dorothy., Kenrick , Catherine. Clinical Supervision Using Video-Conference Technology : A Reflective Account. Journal of Nursing Management. 2002. 10. 275-282
Digital Object Identifier
DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.40Article Metrics
Abstract views : 355views : 396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal IJEMC terindeks pada:
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.