Pengaruh Penerapan Teknologi Broadband Wireless Access (BWA) Terhadap Efektivitas Biaya Praktik Klinik Kebidanan

Gusti Ayu Pramita aswitami, Dany Hilmanto, Farid Husin, Johanes Cornelius Mose, Firman Fuad Wirakusumah, Henni Djuhaeni

Abstract


Sistem pembelajaran praktik klinik yang telah berjalan belum mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa. Biaya praktik klinik yang relatif mahal dengan tidak tercapainya kompetensi mahasiswa menunjukkan belum tercapainya efektivitas biaya pada praktik klinik kebidanan sehingga diperlukan upaya pengembangan praktik klinik. Salah satu upaya pengembangannya dengan menerapkan teknologi BWA. Tujuan penelitian ini adalah; mengukur capaian kompetensi mahasiswa, mengukur biaya praktik klinik pada sistem praktik dengan penerapan teknologi Broadbrand Wireless Access (BWA) dan menganalisis pengaruh penerapan teknologi BWA pada sistem praktik klinik terhadap efektivitas biaya.Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest only with nonequivalent control groups. Subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu; kelompok perlakuan sebanyak 27 orang dari 3 Institusi Pendidikan dan kelompok kontrol sebanyak 26 orang dari 2 Institusi Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di RSUD Majalaya dan RSUD Soreang pada bulan September-Desember 2015. Perbedaan kompetensi dianalisis menggunakan uji Chi Kuadrat, perbedaan biaya dianalisis menggunakan uji Mann Whitney, pengaruh penerapan teknologi BWA terhadap efektivitas biaya menggunakan uji Chi Kuadrat.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pencapaian kompetensi yang bermakna pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p<0,05). Pada uji statistik terdapat perbedaan biaya praktik klinik pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p<0,05). Terdapat pengaruh penerapan teknologi BWA terhadap efektivitas biaya dengan uji Chi Kuadrat (p<0,05;RR=1,6;IK95%=1,2-2,3).  Simpulan penelitian ini adalah kompetensi mahasiswa lebih tinggi dengan biaya praktik klinik lebih rendah pada sistem praktik klinik yang menerapkan teknologi BWA dibandingkan dengan sistem yang telah berjalan. Sistem praktik klinik dengan penerapan teknologi BWA memberikan efektivitas biaya sebesar 1,68 kali.


Keywords


Biaya; efektivitas; kompetensi; praktik klinik

Full Text:

PDF

References


Kompetensi PU. Gambaran Pelaksanaan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Periode I Tahun 2014. Jakarta: Panitia Uji Kompetensi; 2014.

Pusdiklatnakes. Survey Kualitas Pendidikan Keperawatan & Kebidanan di Indonesia. Batam2011.

Firoozeh Firoozehchian ZTE, Ideh Dadgaran. Nursing Midwifery Students and Teachers' View of Effective Factors in Clinical Education. Procedia Social and Behavioral Sciences. 2012.

Pusdiklatnakes. Survey Kualitas Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan di Indonesia. Batam2011.

----. Jaringan Wireless di Dunia Berkembang: Hacker Friendly LLC; 2007. Available from: http://wndw.net/.

Ruiz JG MMJ, Leipzig RM. The Impact Of E - Learning in Medical Education. IT in Medical Education. 2006;81.

Ruggeri Kai FC, Brayne Carol. A Global Model for Effective Use and Evaluation of E - Learning in Health. Telemedicine and E-Health. 2013;19.

Zhang Zhixia RP, Peng Ying. Effectiveness of E-Learning in Public Health Education: a Pilot Study. International Journal of Information and Education Technology. 2014.

Vogenberg. Introduction to Applied Pharmacoeconomics. Medical Publishing Division2001.

Levin. Cost Effectiveness Analysis of Interventions That Improve High School Completion. 2012.

Fattah Nanan. Pembiayaan Pendidikan: Landasan teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan Dasar. 2008.

Billings DM HJ. Teaching in Nursing : A Guide for Faculty. St.Louis, Missouri: Elsevier; 2012.

Boekarts M. Motivation to Learn. 2002.

Daely Karyanus US. Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Sains Matematika. 2013;1(5):483-94.

Oma S. Competencies of Instructors: Its Correlation to the factors Affecting the Academic Performance of Students. National Peer Rev. 2011;6.

Colleen KJ. Linking Competency -Based Assessment to Successful Clinical Practice. Educational Innovation. 2006;45:379-83.

Jette DU NL, Palaima M. How We Do Improve Quality in Clinical Education? Examination of Structures, Processes, and Outcomes. Journal of Physical Therapy Education. 2014;28.

Draper C LG. Competency for Internship: Perceptions of Final Year Medical Students and Staff at UCT. Education Health. 2012;25(1):16-23.

Oerman MH GK. Evaluating and Testing in Nursing Education. New York: Springer; 2014.

McClure BL.The role of the clinical preceptor:an integrative literature review. Journal Nursing Education.2013.Epub 2013



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.44

Article Metrics

Abstract views : 471
views : 355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.