Upaya Meningkatkan Kinerja Dosen dengan Penerapan Model Preseptor Jarak Jauh pada Pengembangan Sistem Pembelajaran Praktik Klinik

Arva Rochmawati, Firman Fuad Wirakusumah, Farid Husin, Johanes Cornelius Mose, Dany Hilmanto, Henni Djuhaeni

Abstract


Kompetensi beberapa bidan saat ini masih belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut berkaitan dengan proses penyelenggaraan pendidikan bidan. Dosen merupakan salah satu unsur utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Permasalahan selama ini menunjukkan bahwa kinerja dosen belum efektif terutama dalam pembimbingan praktik klinik kebidanan sehingga beban tugas dosen Tri Dharma Perguruan Tinggi belum terlaksana dengan baik.Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh model preseptor jarak jauh pada pembelajaran praktik klinik terhadap peningkatan kinerja dosen.Desain penelitian menggunakan kuasi eksperimental (The pre test-post test control group design).Subjek penelitian diambil secara purposive sampling yaitu 67 dosen institusi kebidanan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji Chi Kuadrat, uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji Regresi Logistik.Terdapat perbedaan penilaian kinerja dosen pada kelompok perlakuan setelah diberikan model preseptor jarak jauh dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan selisih rerata10,98 (p<0,05). Model preseptor jarak jauh dalam pembelajaran praktik klinik meningkatkan 9 kali kinerja dosen menjadi lebih baik (OR 8,681 (IK95%; 2,884 – 26,129)). Peningkatan kerja dosen tersebut terjadi karena terdapat efektifitas waktu dan tenaga dosen sehingga mampu melaksanakan tugas yang lain sesuai Tri dharma perguruan tinggi.


Keywords


Kinerja Dosen, Model Preseptor Jarak Jauh; Praktik Klinik Kebidanan

References


Kemenkes RI. Rencana Strategis Kementerian kesehatan Th. 2010-2014. Kepmenkes RI No HK.03.01/60/I/2010. In: Kesehatan, editor. Jakarta2010. p. 1.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. In: Kesehatan BPdP, editor. Jakarta2013. p. 214.

Christiana R Titaley CLH, Michael J Dibley, Peter Heywood. Why do some women still prefer traditional birth attendants and home delivery?: a qualitative study on delivery care services in West Java Province, Indonesia. BMC Pregnancy and Childbirth. 2010;10(43):1471-2393.

Undang-Undang republik Indonesia Tentang Pendidikan Tinggi, No 12 Tahun 2012 (2012).

Kemenkes RI. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. In: Kesehatan BPdPSKPPdPT, editor. Jakarta2011. p. 17-8.

WHO. Strengthening Midwifery Toolkit Module 4 Competencies for midwifery practice. 2011. p. 6-7.

WHO dan Pusdiklatnakes. Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan dengan Pendekatan Preceptorship dan Mentorship. 2011.

Diane U. Jette LN, Mary Palaima, Ellen Wetherbee,. How Do We Improve Quality in Clinical Education? Examination of Structures, Processes, and Outcomes. Journal of Physical Therapy Education. 2014;28(1).

Pardede D. Gambaran Hasil Kajian Penyelenggaraan Pendidikan sebagai Dasar Peningkatan Mutu Lulusan Diknakes. BPPSDMK Kemkes RI, 2013.

Ranking SIS. SCImago Journal & Country Rank. 1996-2014.

Pedoman Penilaian Kinerja Dosen UPI, (2009).

Mangkunegara AAAP. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama; 2012.

Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan, (2012).

Gerard Fillion ML, Lyne Bouchard. Videoconferencing in Distance Education: A Study of Student Perceptions in the Lecture Context. IETI.36(4):302-19.

Kemendiknas. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. In: Kependidikan DJPMPdT, editor. Jakarta2010.

Miriam PL Cameron RR, and Sabe Sabesan. Physicians' perceptions of clinical supervision and educational support via videoconference: a systematic review. Journal of Telemedicine and Telecare. 2014;20(5):272-81.

Hamzah B. Uno NL. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.

Wibowo. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers; 2013.

Fauzi IKA. Strategi Pengembangan Penelitian di Perguruan Tinggi Swasta. Media Nusantara. 2011;6:72.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/ Jabatan Akademik Dosen. In: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, editor. Jakarta2014.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.56

Article Metrics

Abstract views : 431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.