Penerapan Telekonferensi Video pada Pembelajaran Praktik Klinik terhadap Peningkatan Soft Skills Mahasiswa D III Kebidanan

Fitria Fitria, Dany Hilmanto, Farid Husin, Johanes Cornelius Mose, Nanan Sekarwana, Juntika Nurihsan

Abstract


Sistem praktik klinik kebidanan yang berjalan selama ini, terbukti selain belum mampu meningkatkan hard skills, juga belum mampu meningkatkan soft skills mahasiswa. Hal ini   berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan. Salah satu upaya untuk membentuk soft skills mahasiswa dan memfasilitasi permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran praktik klinik dengan memanfaatkan teknologi Broadband Wireless Access (BWA). Adanya pemantauan secara berkesinambungan kepada mahasiswa melalui telekonfrensi video, dapat membantu mempercepat perubahan soft skills mahasiswa. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh telekonferensi video pada pembelajaran praktik klinik kebidanan terhadap peningkatan soft skills (komunikasi, kerjasama tim, disiplin dan tanggung jawab, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta motivasi) mahasiswa D III Kebidanan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pre post-test non equivalent group desain. Populasi adalah seluruh mahasiswa Program Studi  D-III Kebidanan yang praktik di ruang bersalin RSUD Kota Majalaya dan RSUD Soreang dengan jumlah 63 mahasiswa, sampel diambil secara non random. Analisis data dianalisis dengan uji T tidak berpasangan , uji T berpasangan, dan uji regresi logistik untuk melihat pengaruh telekonferensi video terhadap peningkatan soft skills mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan perbedaan peningkatan nilai soft skills dengan rerata kelompok perlakuan (75,60) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (64,60).  Peningkatan nilai soft skills pada kelompok perlakuan lebih besar dari pada kelompok kontrol, sebesar 13,36 % lebih tinggi dari perlakuan atau 3.8 kali lebih besar, dengan perbedaan selisih nilai soft skills antara kelompok kontrol dan perlakuan p= 0,000.  Jika dilihat dari masing-masing penilai, peningkatan nilai soft skills pada penilaian oleh diri sendiri, antar teman dan preseptor pada kelompok perlakuan lebih besar daripada kelompok kontrol  dengan p = 0,015, p=0,024, p=0,000. Penerapan telekonferensi video pada pembelajaran praktik klinik berpengaruh 5,42 kali menjadikan soft skills mahasiswa lebih baik. Simpulan penelitian ini adalah telekonferensi video pada pembelajaran praktik klinik berpengaruh terhadap peningkatan soft skills mahasiswa D III Kebidanan.


Keywords


Praktik klinik; telekonferensi video; soft skills

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Survei Kualitas Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan di Indonesia (WHO) Tahun 2011-2012. In: RI KK, editor. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kebijakan Uji Kompetensi sebagai Exit Exam bagi Mahasiswa Program D III Keperawatan, DIII Kebidanan dan Ners. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; 2014.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Standar Nasional Pendidikan Profesi Bidan. Jakarta; 2012. p. 6-9.

Dadang H. Pengaruh persepsi mutu pelayanan kebidanan terhadap kepuasan pasien rawat inap kebidanan di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Semarang: Universitas Diponegoro; 2010.

Wundashary D, Darmawansyah, Nurhayani. Analisis Mutu Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Wonrely Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku Tahun 2012. Universitas Hasanuddin. 2013.

Purwoastuti Endang, Siwi WE. Perilaku dan Soft skills Kesehatan Panduan Untuk Tenaga Kesehatan (Perawat dan Bidan). Yogyakarta: PT Pustaka Baru Press; 2015.

Tabari Khomeiran R, Yekta Z. P, Ahmadi Kiger A. M, Ahmadi F. Professional competence: factors described by nurses as influencing their development. International Nursing Review. 2006;53:66–72.

Levett Tracy-Jones, Lathlean Judith, Higgins Isabel, Margaret M. Staff – student relationships and their impact on nursing students’ belongingness and learning. Journal Of Advanced Nursing. 2008;65(2):316–24.

Madhavanpraphakaran Girija K, K. Shukri Raghda Raghda, Shreedev B. Preceptors’ Perceptions of Clinical Nursing Education. The Journal of Continuing Education in Nursing. 2014;45(1):28-34.

Lofmark Anna, Thorkildsen Kari, Raholm Maj-Britt, Gerd KN. Nursing students’ satisfaction with supervision from preceptors and teachers during clinical practice. Nurse Education in Practice. 2012:164-69.

Chairy LS. Aspek-Aspek Psikologis dalam Penilaian Unjuk Kerja Seminar APIO (Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi). 2002.

Lipner RS, Blank LL, BF Leas ea. The value of patient and peer ratings in recertification. Acad Med. 2002;77(5):64-6.

Lally Phillippa, Van Jaarsveld Cornelia H. M., W. PAJWHW. How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. European Journal of Social Psychology. 2010;40:998–1009.

Diane U. Jette, Nelson Lee, Palaima Mary, Ellen W. How Do We Improve Quality in Clinical Education? Examination of Structures, Processes, and Outcomes. Journal of Physical Therapy Education. 2014;28.

Bergh AM, Van Staden CW, Joubert PM, Kruger C, Pickworth GE, Roos JL, et al. Medical students' perceptions of their development of ‘soft skills’ Part II: The development of ‘soft skills’ through ‘guiding and growing. SA Fam Pract. 2006;48(8).

PM Joubert, C Kruger, A-M Bergh, GE Pickworth, CW Van Staden, L Roos, et al. Medical students on the value of role models for developing soft skills “That’s the way you do it”. South African Psychiatry Review. 2006;9:28-32.

Murrai C. Role modelling as a teaching method for student mentors. Nursing Times 2005;101(26):30-3. 2005;101(26):30-3.

Uno H. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara; 2010.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.58

Article Metrics

Abstract views : 381
views : 395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.