Upaya Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Praktik Asuhan Persalinan melalui Model Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan

Anita Megawati Fajrin, Farid Husin, Anita Deborah Anwar, Johanes Cornelius Mose, Firman Fuad Wirakusumah, Ishak Nurihsan

Abstract


Praktik klinik merupakan bagian penting dari proses pendidikan kebidanan. Sistem praktik klinik kebidanan yang selama ini berjalan masih menuai banyak permasalahan sehingga berdampak pada kompetensi lulusan bidan. Berbagai permasalahan yang ditemui selama praktik klinik tidak mampu diatasi dengan baik, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang memengaruhi, salah satunya adalah model pembelajaran praktik klinik yang kurang terstuktur yang berdampak pada rendahnya kualitas pengalaman klinik yang dimiliki oleh mahasiswa dan pada akhirnya berdampak pada kompetensi lulusan. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model experiential learning yang dikembangkan oleh Kolb dengan menggunakan metode bedside teaching. Model pembelajaran ini akan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman klinik sesuai dengan tahap perkembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran praktik klinik terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa dalam memberikan asuhan persalinan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experimental pre-posttest design with nonequivalent control groups. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D-III Kebidanan yang telah lulus mata kuliah asuhan persalinan. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol adalah mahasiswa yang melakukan praktik klinik di RSUD Soreang sejumlah 26 orang, sedangkan kelompok perlakuan adalah mahasiswa yang melakukan praktik di RSUD Majalaya sejumlah 27 orang. Analisis yang digunakan adalah uji T tidak berpasangan, Mann Whitney, Chi-square, dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran meningkatkan kompetensi mahasiswa sebesar 40,7% dengan OR 17,2 (IK 95% 2-146). Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran praktik klinik berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi asuhan persalinan mahasiswa.

 


Keywords


model pembelajaran; kompetensi; praktik klinik.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

WHO, UNFPA, ICM. State of World midwifery 2014. 2014.

Pardede D. Survey Kualitas Pendidikan Keperawatan & Kebidanan di Indonesia (WHO) Tahun 2011-2012. Batam; 2013.

Bartini I, Emilia O, Adi U. Analisis Self Reported Asuhan Persalinan oleh Lulusan DIII Kebidanan dan Medical Error. Ber Kedokt Masy. 2011;27(3):131–7.

Firoozehchian F, Ezbarmi ZT, Dadgaran I. Nursing-Midwifery Students and Teachers’ Views of Effective Factors in Clinical Education. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. Elsevier B.V.; 2012 [cited 2014 Dec 13];47:1832–7. Available from: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1877042812026444

Lisko SA, O`dell V. Integration of Theory and Practice: Experiental Learning Theory and Nursing Education. Nurs Educ Perspect. 2010;31(2):106.

Coker P, Otr L. Effects of an Experiential Learning Program on the Clinical Reasoning and Critical Thinking Skills of Occupational Therapy Students. J Allied Health. 2010;39(4):280–6.

Peters M, Ten Cate O. Bedside teaching in medical education: a literature review. Perspect Med Educ [Internet]. 2014 Apr [cited 2015 Feb 2];3(2):76–88. Available from: http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=3976479&tool=pmcentrez&rendertype=abstract

Pitt V, Powis D, Levett-Jones T, Hunter S. Factors influencing nursing students’ academic and clinical performance and attrition: an integrative literature review. Nurse Educ Today [Internet]. Elsevier Ltd; 2012 Nov [cited 2016 Jan 21];32(8):903–13. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22595612

Joyce PD, Robert H. Structured Experiential Learning Exercises : A Facilitation to More ... 1981;

Ramani S. Twelve tips to improve bedside teaching. MedTeach 2003; 25: 112-5. Med Teach. 2003;25(2112-115).

Shehab A. Clinical Teachers’ Opinions about Bedside-based Clinical Teaching. Sultan Qaboos Univ Med. 2013;13(February):121–6.

Branch WT. Teaching professional and humanistic values: Suggestion for a practical and theoretical model. Patient Educ Couns [Internet]. Elsevier Ireland Ltd; 2015;98(2):162–7. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.pec.2014.10.022

Clynes MP, Raftery SEC. Feedback: an essential element of student learning in clinical practice. Nurse Educ Pract [Internet]. Elsevier Ltd; 2008 Nov [cited 2014 Dec 20];8(6):405–11. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18372216

Paritakul P. Optimising Bedside Teaching in Obstetrics and Gynaecology. Thai J Obstet ang Gynaecol. 2014;22(2):61–6.

Mosalanejad L, Hojjat M, Badeyepeyma Z. A Comprehensive Evaluation of the Quality and Barriers of Bedside Teaching from Professors ’ Point of View. 2013;5(2):233–9.

Sloan DA, Donnely MB, Zweng TN, Lieber A, Yu G, Griffith C, et al. The Structured Clinical Instruction Module A Novel Strategy for Improving the Instruction of Clinical Skills.pdf. 1995. p. 605–10.

Burns C, Beauchesne M, Ryan-Krause P, Sawin K. Mastering the preceptor role: challenges of clinical teaching. J Pediatr Health Care [Internet]. 2000 [cited 2014 Dec 20];20(3):172–83. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16675378

Baltimore JJ. The Hospital Clinical Preceptor : Essential Preparation for Success.

Dorothy E R, Oerman MH. Clinical Teaching in Nursing Education. Jones & Bartlett; 1999. 40,161,210-211,227-228,241,251 p.

Billings DM, Halstead JA. Teacing in Nursing : A guide for faculty. St.Louis, Missouri: Elevier; 2012. 26,317-318, 321 p.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.62

Article Metrics

Abstract views : 930
views : 777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.