Pemetaan Intervensi Sebagai Alat Untuk Pengembangan Program Penurunan Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Subang

Marliana Rahma, Deni K Sunjaya, Arief S Kartasasmita, Farid Husin, Dinan S Bratakoesoma, Hadyana Sukandar

Abstract


Jumlah kematian ibu dan bayi di Kabupaten Subang masih tinggi. Berbagai upaya dan intervensi dalam bidang KIA sudah dilakukan. Namun belum pernah dilakukan pemetaan intervensi.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sebaran peta spasial kematian ibu dan bayi, menganalisis permasalahan, dan  menganalisis pemetaan intervensi di Kabupaten Subang. Desain penelitian yang digunakan adalah sequensial eksplanatory mixed method. Tahap kuantitatif dengan studi dokumentasi dan survei menggunakan kuesioner pada seluruh kepala Puskesmas di Kabupaten Subang. Tahap kedua, melakukan wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus pada informan kunci di Dinas Kesehatan dan IBI Kabupaten Subang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran kematian ibu dan bayi selama tiga tahun terakhir di Kabupaten Subang cenderung menyebar, tidak ada penumpukan pada salah satu wilayah baik pada pegunungan, dataran ataupun pantai. Kantong permasalahan yang berat berada di Puskesmas Rawalele, Jatireja, Pagaden Barat, Cirangkong, Sukarahayu, Gunung Sembung, Kasomalang, Pusakanagara, Legonkulon dan Puskesmas Blanakan. Berdasarkan hasil pemetaan intervensi, prosentase kegiatan yang tidak pernah dilakukan dalam intervensi sistem rujukan berbasis manual 44,4%, intervensi masalah wanita 38,35%, intervensi kesehatan reproduksi 33,9%, intervensi gizi 23,5%, intervensi penggunaan prinsip surveilans respons 21,8%, intervensi KB 12,8%, intervensi pelayanan klinik di PONED 11,8% dengan kelengkapan sarana prasarana di poned 13,0% tidak lengkap, intervensi pencegahan penyakit KIA 8,8%, dan intervensi ANC 7,3%. Program penguatan intervensi KIA direkomendasikan adalah pendekatan kantong masalah, penguatan intervensi, kemitraan, inducement, dan advokasi. Pemetaan intervensi dapat mengukur secara kumulatif outcome dari berbagai intervensi untuk penurunan kematian ibu dan bayi. Pemetaan intervensi dapat diterapkan di Dinas Kesehatan dan instansi lain di seluruh Indonesia secara rutin. 


Keywords


Kematian ibu dan bayi; Pemetaan intervensi

References


Direktorat Bina Kesehatan Ibu. Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan RI. Upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu. Kementerian RI. 2012.

Nurrizka Rahmah Hida. Saputra, Wiko. Arah dan Strategi Kebijakan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKABA) di Indonesia. Prakarsa Policy Papers/Public Policy. 2013.

Unicef Indonesia. Ringkasa Kajian Kesehatan Ibu dan Anak. 2012. Tersedia dari:www.unicef.or.id.

Persalinan sebagai Urusan Desa. Bagaimana Desa Siaga Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Bayi di Indonesia. Sebuah publikasi dalam German Health Practice Collection. 2011.

Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Assessment GAVI-HSS Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA Provinsi Jawa Barat. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. 2011.

Kristiana Swasta. Upaya Pencegahan Kematian Ibu dan Bayi melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Gerakan Sayang Ibu (GSI). Pusat Kebiajkan Manajemen Kesehatan UGM. Tersedia dari: www.kesehatan-ibuanak.net.

Depkes RI dan USAID. Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K dalam rangka mempercepat penurunan AKI dan AKB. 2011.

Desa Siaga Aktif. Seri Desa Siaga Aktif Menuju Masyarakat Ber-PHBS di Desa Membangun menuju Desa Peradaban. Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dinas Kesehatan. 2011.

Pusat Kebiajkan Manajemen Kesehatan UGM. Analisis Kebijakan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Implementasi Metode Perencanaan Berbasis Bukti (PBB) dalam Mencapai Sasaran Millenium Development Goal (MDG) 4 & 5 di Provinsi Papua. Tersedia dari: www.kesehatan-ibuanak.net

Kerber KJ, Graft-Johnson JE, Bhutta ZA, okong P, Starrs A., Lawn, JE. Continuum of Care for Maternal, Newborn, and Child Health : From Slogan to Service Delivery. 2007. Tersedia dari: www.thelancet.com.vol370.

Graft-Johnson JE, Kerber KJ, Tinker A, Otchere S, Narayanan I, Shoo R, Oluwole D, Lawn J. The maternal, Newborn, and Child Health Continuum of Care.

Sines, E, Tinker A, Ruben J. The Maternal-Newborn-Child Health Continuum of Care: A Collection Effort to Save Lives.. Save the Children. 2006.

A global review of the key interventions related to reproductive, maternal, newborn and child health (RMNCH). Essential Intervention, Commodities and Guidelines for Reproductive, Maternal, Newborn and Child Health. 2011.

Bartholomew LK, Mullen PD. Five Roles For Using Theory and Evidence in the Design and Testing of Behavior Change Interventions. Journal of public heath dentistry. 2011. ISSN 0022-4006.

Pusat Kebiajkan Manajemen Kesehatan UGM. Pemetaan Intervensi di Kabupaten/Kota. Tersedia dari: www.kesehatan-ibuanak.net.

Creswell JW. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi ketiga. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2012.

Zaenab Siti Noor, Armiatin, Djasri H, Trisnantoro Laksono. Penyusunan Manual Rujukan Maternal Neonatal Di Tingkat Kabupaten/Kota (Lokal Spesifik). Pusat Menajemen Pelayanan Kesehatan FK UGM. 2013.

Seksi kesehatan ibu bayi dan keluarga berencana dinas kesehatan Kabupaten Subang. Laporan Tahunan Kesehatan Ibu Bayi dan KB. 2014.

Irasanty. D. Gufria, Hakimi Mohammad, Hasanbasri, Mubasysyir. Pencegahan Keterlambatan Rujukan Maternal di Kabupatean Majene. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan volume 11. 2008.

Astuti SP. Pola pengambilan keputusan keluarga dan Bidan dalam merujuk ibu bersalin ke rumah Sakit pada kasus kematian ibu di Kabupaten Demak. 2008



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i1.64

Article Metrics

Abstract views : 1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.