Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan
Abstract
Institusi pendidikan bidan perlu membuat suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk
meningkatkan kompetensi lulusannya. Analisis terhadap mata kuliah asuhan persalinan dilakukan agar
diketahui masalah dan rekomendasi perbaikan pembelajaran secara operasional sehingga
meningkatkan keterampilan dalam menolong persalinan. Pengembangan media pembelajaran asuhan
persalinan dilakukan dengan membuat modul dan modifikasi phantom. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian operasional, data dan metode analisis adalah kualitatif dengan pendekatan studi
kasus yang bersifat interpretivism. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam,
diskusi kelompok dan observasi serta studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah dosen pengampu
mata kuliah asuhan persalinan, mahasiswa, dosen penguji skills dan ketua prodi. Analisis data
kualitatif meliputi transkripsi, reduksi, koding, kategorisasi dan interpretasi hasil penelitian. Hasil
penelitian dari analisis situasi pembelajaran asuhan persalinan, yaitu pada proses perencanaan telah
dilakukan perumusan tujuan dan kegiatan serta penyusunan silabus namun rencana pelaksanaan
pembelajaran dan panduan praktikum belum dibuat. Proses pelaksanaan pembelajaran praktikum
belum sesuai dengan rencana terutama berkaitan dengan metode, media, jadwal dan waktu praktikum.
Proses evaluasi penilaian yang dilakukan antar lain responsi, target skill, ujian akhir semester dan ujian
keterampilan. Kendala pembelajaran praktikum yaitu kehadiran dosen, keterbatasan sarana dan
prasarana, motivasi dan keaktifan mahasiswa serta alokasi waktu. Pengembangan perencanaan dimulai
dari menentukan tujuan dari standar kompetensi, mengembangkan alat evaluasi, menetapkan kegiatan
pembelajaran, pemantapan dalam program pembelajaran. Pengembangan pelaksanaan yang
ditawarkan antara lain menentukan pre test pelaksanaan praktik, penyampaian pembelajaran sesuai
dengan perencanaan, modifikasi media praktikum dan penyusunan panduan praktikum.
Pengembangan post test dilakukan pada ranah psikomotor yang dilakukan dosen melalui pengamatan
mulai dari persiapan alat, proses praktikum, hasil dokumentasi, sikap kerja serta waktu yang
digunakan. Evaluasi juga dilakukan pada area kognitif dan afektif berupa pembobotan lisan atau
responsi (10%), tulis atau pilihan ganda dan essay (30%), portofolio atau makalah dan dokumentasi
(20%).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pusdiknakes. Kurikulum inti D-III Kebidanan. Jakarta:
Kementerian Kesehatan RI; 2011.
Peraturan Bupati Grobogan Nomor 43 tahun 2014
tentang Perubahan kedua atas peraturan Bupati
Grobogan Nomor 24 tentang penyelenggaraan Jaminan
Kesehatan Masyarakat Daerah Kabupaten Grobogan:
Munadi, Y. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan
Baru. Ciputat: Gaung Persada Press. 2008
UGM PPP. Pembelajaran Di Laboratorium. Yogyakarta:
UGM; 2005.
Kemenkes. Standar laboratorium perekam medis dan
informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan.
Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan
Tenaga Kesehatan; 2010.
Adilla W. Peran pembimbing praktik klinik pada praktik
klinik keperawatan Diploma III Keperawatan STIKES
An Nur. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2012.
Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. Operational
research to improve health services: a guide for proposal
development; Decsmont Tutu TB Centre; 2013
Zachariah R, Harries D, Ishikawa N et al . Operational
research in low income countries: what, why and how?
Lancet Infect Dis; 9: 711-717. 2009
Creswell JW. Research Design Pendekatan Kualitatif,
Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;
Permendiknas Nomor 41 tentang Standar Proses
Pembelajaran (2007).
Kemendiknas. Sistem Penjaminan Mutu Perguruan
Tinggi (SPM-PT). Ditjen Dikti; 2010.
Uno HB. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi
Aksara; 2009.
Claramita M., Utarini A., Soebono H.,et al. Doctorpatient
communication in a Southeast Asian Setting: the
conflict between ideal and reality. Adv in Health Sci
Educ: 16:69-80. 2011.
Nursalam, E. f. Pendidikan Dalam Keperawatan,
Pembelajaran Praktikum. Jakarta, Salemba Medika;
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen. 2005
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesi Nomor 49 Tahun 2014 tentang
Standar Nasional Pendidikan tinggi. Jakarta; 2014.
Canrinus, E.T., dkk. Self-efficacy, job satisfaction,
motivation and commitment:exploring the relationships
between indicators of teachers’ professional identity.
European Journal of Psychological Education, 2011;
, 1-18.
Schunk H. Dale. Learning Theories An Educational
perspective. Edisi Keenam. Pearson Education, Inc.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012.
Wahyuni E. Lidia. Hubungan minat belajar dan
kompetensi dengan perilaku mahasiswa D-III Kebidanan
dalam pembelajaran praktik Asuhan persalinan normal
di laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada
Tenggarong. Surakarta: Sebelas Maret; 2010
Dunkin, M.J. The International Encyclopedia of
Teaching and Teacher Education. England: Pengmoon
Press; 2002
Digital Object Identifier
DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i3.67Article Metrics
Abstract views : 1474views : 1943
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal IJEMC terindeks pada:
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.