Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala I dan II Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien pada Praktik Klinik Kebidanan

Sri Wahyuningsih, Hadi Susiarno, Setiawan Setiawan, Farid Husin, Ishak Abdulhak, Firman Fuad Wirakusumah

Abstract


Asuhan persalinan  yang diberikan bidan sesuai kebutuhan dan menyesuaikan dimensi fisiologis, psikologis, agama, budaya yang dipadukan dengan kompetensi dasar dalam asuhan persalinan. Penerapan model pembelajaran asuhan persalinan kala I dan II terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kompetensi dan sesuai harapan masyarakat yaitu memberikan kepuasan pelayanan yang diberikan mahasiswa DIII Kebidanan  pada praktik klinik. Tujuan penelitian ini adalah mengukur perbedaan motivasi, kompetensi mahasiswa, menganalisis hubungan motivasi dan kompetensswsi serta menganalis peranan kompetensi terhadap kepuasan pasien Metode penelitian menggunakan quasy experimental dengan one group pretest-postest design. Subyek penelitian adalah mahasiswa DIII Kebidanan semester IV Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta,  pasien yang diberi asuhan persalinan kala I dan II terintegrasi oleh mahasiswa masing masing sejumlah 37 responden dan memenuhi kriteria inklusi. Perbedaan motivasi, kompetensi dianalisis menggunakan uji Wilcoxon, uji Rank Spearman untuk menganalisis korelasi motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap, ketrampilan) dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian ini, ada peningkatan rerata nilai motivasi 40,48%, pengetahuan 57,8%, sikap 53,6%, ketrampilan 52,47%, dan kompetensi mahasiswa 64,86% sesudah penerapan model pembelajaran asuhan persalinan kala I dan II terintegrasi. Korelasi motivasi dan kompetensi menunjukkan p>0,485, peranan kompetensi terhadap kepuasan (variabel ketrampilan) mempunyai korelasi sedang sebesar 0,567  (r2=32,14%) terhadap kepuasan pasien. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat  peningkatan motivasi dan kompetensi motivasi dan kompetensi mahasiswa sesudah penerapan model pembelajaran asuhan persalinan kala I dan II terintegrasi, tidak ada korelasi antara motivasi dengan kompetensi mahasiswa. Kompetensi mahasiswa berperan terhadap kepuasan dengan aspek ketrampilan yang paling berperan terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.


Keywords


Asuhan persalinan kala I dan II terintegrasi; motivasi; kompetensi; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Arbayah, Mappeaty Nyorong, Syamsiar Russeng. Sikap Profesional Bidan dalam Penerapan Standar Asuhan Persalinan Normal di RSUD Harapan Insani Sendawar Kabupaten KubarBagian Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Bagian Kesahatan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin 2012.

Anggraini Y. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Terintegrasi terhadap Pencapaian Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan Bandung: Universitas Padjadjaran; 2014.

Putriana Y. Kompetensi Asuhan Kebidanan Komunitas Berhubungan dengan Kemampuan Bidan Melakukan Perawatan Kesehatan Masyarakat Pedesaan Stikes Karya Husada Pare. 2012;5.

The Royal College of Midwives. Evidence Based Guidelines for Midwifery-Led Care in Labour in Letent Phase. 2012.

ICM. The Philosophy and Model of Midwifery Care. Adopted at Brisbane International Council meeting 2005.

ICM. Essensial Competencies for Basic Midwifery Practice.2013.

Asadi-Lari M, Tamburini M, Gray D. Patients' needs, satisfaction, and health related quality of life: towards a comprehensive model. Health and quality of life outcomes. 2004 Jun 29;2:32. PubMed PMID: 15225377. Pubmed Central PMCID: 471563. Epub 2004/07/01. eng.

Kementrian Kesehatan RI. Kepmenkes No. 369/SKII/2007 tentang Standar Profesi Bidan. In: Kementrian Kesehatan RI, editor. Jakarta2007.

WHO, Pusdiklatnakes. Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan dengan Pendekatan Preceptorship dan Mentorship. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan; 2011.

Adyani Asta. Analisis Pembelajaran Praktik Klinik Asuhan Kebidanan Universitas Muhammadyah Surabaya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret; 2010.

Amperiana Sukma. Pengaruh Motivasi, Prestasi dan Konsep Diri terhadap Kesiapan Praktik Klinik Kebidanan Bagi Mahasiswa Tingkat II Akbid Pamenang Pare Kediri. Surakarta: Sebelas Maret; 2010.

Hamidah S, Palupi S. Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi melalui Pembelajaran Praktik Patiseri Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Negeri Yogyakarta. 2012;II No. 2.

Department of Making Pregnancy Safer W. Technical Consultation on Postpartum and Postnatal Care. In: Safer DoMP, editor. Switzerland: World Health Organization; 2010.

Ghosh S, Pandya HV. Implementation of Integrated Learning Program in neurosciences during first year of traditional medical course: perception of students and faculty. BMC medical education. 2008;8:44. PubMed PMID: 18811978. Pubmed Central PMCID: 2569025. Epub 2008/09/25. eng.

Hutapea R. Determinan Kinerja dan Kompetensi Bidan di Provinsi Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Kesehatan Masyarakat Nasional 2011;6, No. 1.

Sastroasmoro S, Ismael S. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. 4 ed. Jakarta: Sagung Seto; 2011.

Isjoni., LN F. Pembelajaran terkini. 2 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2008. p. 62-3.

Chan WP, Hsu CY, Hong CY. Innovative "Case-Based Integrated Teaching" in an undergraduate medical curriculum: development and teachers' and students' responses. Annals of the Academy of Medicine, Singapore. 2008 Nov;37(11):952-6. PubMed PMID: 19082203. Epub 2008/12/17. eng.

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara; 2013.

HM J. Pembelajaran Metode Kasus. 3 ed. Yogyakarta2009.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4.71

Article Metrics

Abstract views : 269
views : 471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.