Peran penerapan Asuhan Neonatus Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa serta Kepuasan Pasien di Praktik Klinik Kebidanan

Alfiah Rahmawati, Nanan Sekarwana, Achadiyani Achadiyani, Farid Husin, Anita Deborah Anwar, Meita Dhamayanti, Ishak Abdulhak

Abstract


Model pembelajaran asuhan neonatus yang mengintegrasikan kebutuhan masyarakat dan pengintegrasian softskill sudah terbukti dapat meningkatkan kompetensi pada pembelajaran dikelas. Mencapai kompetensi tersebut, maka dilakukan pembelajaran di kelas dan di laboratorium, kemudian dilanjutkan dengan praktik di lahan praktik. Sehingga diharapkan asuhan yang diberikan dapat meningkatkan kepuasan pasien, penggunaan asuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas asuhan. Tujuan penelitian ini antara lain menganalisis perbedaan motivasi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi pada praktik klinik kebidanan, menganalisis perbedaan kompetensi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi pada praktik klinik kebidanan, menganalisis hubungan motivasi dengan kompetensi mahasiswa pada praktik klinik kebidanan, dan menganalisis peran kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimental dengan one group pre test - post test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa D III Kebidanan semester IV  Universitas Sebelas Maret dan pasien yang mendapat asuhan neonatus. Rancangan analisisnya menggunakan uji T berpasangan dan uji multivariat menggunakan regresi linier dengan bantuan SPSS. Motivasi mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi berbeda secara bermakna (nilai p < 0,05) dengan peningkatan 40,48%, kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) setelah penerapan model pembelajaran asuhan neonatus terintegrasi berbeda secara bermakna (nilai p < 0,05) dengan masing-masing prosentase peningkatan adalah kompetensi 36,68%, pengetahuan 30,58, sikap 43,02, keterampilan 42,12. Tidak terdapat hubungan motivasi dengan kompetensi mahasiswa dengan nilai p>0,05. Terdapat peran kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan secara bermakna (nilai p < 0,05). Simpulan penelitian ini terdapat perbedaan motivasi dan kompetensi sebelum dan sesudah penerapan model asuhan neonatus terintegrasi, terdapat peran kompetensi mahasiswa terhadap kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.

Keywords


Asuhan neonatus; model pembelajaran terintegrasi; motivasi; kompetensi; kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Lim DH. Motivation and learner characteristics affecting online learning and learning application. J Educational technology systems. 2003;31(4):423−39.

Pintrich PR. A motivational science perspective on the role of student motivation in learning and teaching contexts. Journal of Educational Psychology. 2002;95(8):667−86.

Anggarini S. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Studi Kasus terhadap Prestasi Belajar Penggunaan Partograf Mahasiswa Akademi Kebidanan di Surakarta Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2012.

Creel LC SJ, Yinger NV. Client-Centered Quality : Client's Perspective and Barriers to Receiving Care. Population Reference Bureau. 2002:1−8.

Pipas CF PD, Fall LH, Olson AL, Mahoney JF, Skochelak SE, et al. Collaborating to Integrate Curriculum in Primary Care Medical Education : Successes and Challenges from Three US Medical Schools. Family Medicine. 2004;36:S126−S32.

Drake SM. Menciptakan Kurikulum Terintegrasi yang Berbasis Standar Seri Standar Kurikulum Inti. Jakarta: PT Indeks; 2012.

Cooper H CC, Gibbs T, Watkins C. Developing an Evidence Base for Interdisciplinary Learning : Systematic Review. J Adv Nurs. 2001 Jul;35 (2):228−37.

ER; TJSJN. Pioneering a Universal Curriculum : a look at six disciplines involved in women's health care. J Midwifery Womens Health. 2009 Jul-Aug;54(4):306−13.

Yulianti N. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Neonatus Terintegrasi terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa DIII Kebidanan. Bandung: Prodi Magister Kebidanan Pascasarjana FK UNPAD; 2014.

Paley B; O'Connor MJ; Baillie SJ; Guiton G; Stuber ML. Integrating Case Topics in Medical School Curriculum to Enhance Multiple Skill Learning : Using Fetal Alcohol Spectrum Disorders as an Exemplary Case. Academic Psychiatry. 2009;33:143−8.

Ghosh S; Pandya HV. Implementation of Integrated Learning Program in Neurosciences during First Year of Traditional Medical Course : Perception of Students and Faculty. BMC Medical Education. 2008;8 (44):1−8.

Chien-Yun D, Wan-Fei C, Yu-Hsi Y, Chia-Hung Y. A study on Modification of Knowledge, Attitude and Practise on Vocational High School Electronics Courses Integrated with Nanotechnology Concept. Int J of Thermal & Environmental Engineering. 2012;4(1):73−9.

Doraisamy R, Radhakrishnan S. The Effectiveness of Integrated Teaching Over Traditional Teaching Among First Year MBBS studets : A preliminary Study. Medical Jurnal of DrDYPatil University. 2013;6(2):139−41.

Prastisi TD. Pengaruh pendekatan pembelajaran RME dan pengetahuan awal terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa SMP kelas VII. Jurnal Didaktika. Maret 2007;2(1).

Anjaryani WD. Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugu Semarang. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang. 2009.

Saha, Parmita, Zhao, Yanni. Relationship Between Online Service Quality And Customer Satisfaction A study in Internet BankingMaster’Thesis :083 SHU. ,2005.

Harcar, Kara, Kucukemiroglu. “Consumer’s Perceived Value and Buying Behavior of Store Brand: And Empirical Investigation. The Business Review. 2006;5(2).

Johansson P, Oleni M, Fridlund B. Patient satisfaction with nursing care in the context of health care : a literature study. Nordic college of caring sciences Scand J Caring Sci. 2002.

Makoul G, Krupat E, Chang C-H. Measuring patient views of physician communication skills : Development and testing of the communication assesment tool Patient education and counseling Elsevier. 2007;67:333−42.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4.72

Article Metrics

Abstract views : 398
views : 430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.