Pengaruh Penerapan Sistem Mentor Terhadap Pencapaian Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Mahasiswa Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon (Suatu Studi Eksploratif di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon)

Nurhasanah Nurhasanah, Endang Sutedja, Farid Husin, Dany Hilmanto, Firman Wirakusumah, Herman Susanto, Hadyana Sukandar, Tita Madjid

Abstract


Sesuai dengan Kepmendiknas nomer 232/U/2000, kurikulum pendidikan diploma kebidanan terdiri  dari 40 % teori dan 60 % praktik, sehingga proporsi praktik lebih banyak. Sistem pembelajaran praktik klinik kebidanan yang selama ini berjalan terbukti belum mampu meningkatkan keterampilan klinik mahasiswa untuk itu diperlukan pengelolaan pembelajaran praktik klinik yang efektif dan efisien. Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara mentoring dengan pengembangan karir, pengembangan keterampilan, serta memberikan nilai tambah pada pelaksanaan rencana ekuitas. Tujuan penelitian ini adalah penerapan sistem mentor pada pendidikan kebidanan dapat meningkatkan keterampilan klinik mahasiswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan penelitian quasi experiment dengan post test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling dengan subjek penelitian mahasiswa Akbid Muhammadiyah Cirebon yang mengikuti PKK I gelombang I, berjumlah 34 orang, pembimbing klinik 11 orang, pembimbing akademik sebanyak 8 orang, sehingga total sampel berjumlah 53 orang. Analisis kesetaraan responden dilakukan dengan uji chi-kuadrat, analisis bivariabel dengan uji Mann Whitney untuk menilai perbedaan penilaian terhadap sistem mentor dan sistem koordinator, uji t untuk menilai perbedaan keterampilan mahasiswa, dan analisis multivariabel dengan regresi logistik untuk menilai pengaruh penerapan sistem mentor terhadap pencapaian keterampilan klinik mahasiswa.Hasil penelitian keterampilan mahasiswa dalam asuhan persalinan dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada sistem mentor 77,76 dibandingkan sistem koordinator dengan nilai rata-rata 68,94 (p<0,001). Variabel sistem mentor mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap pencapaian keterampilan klinik dengan nilai RR 28,433. Simpulan hasil penelitian, sistem mentor dinilai lebih baik dalam pencapaian keterampilan klinik mahasiswa. Sistem mentor berpengaruh 28 kali terhadap pencapaian keterampilan klinik mahasiswa.


Keywords


Praktik klinik; sistem mentor; pembimbing akademik; pembimbing klinik;

Full Text:

PDF

References


Yanti WH, editor. OSCA Panduan Praktis menghadapi UAP D III Kebidanan. Yogyakarta: Mitra Cendikia; 2008.

Pusdiknakes, editor. Panduan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan dengan Pendekatan Preceptorship dan mentorship. Jakarta: Pusdiknakes; 2011.

Depkes RI BP, editor. Standar Pembelajaran Praktik Kebidanan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan; 2006.

Kemal N.S. Anne H TR, Ali Z, Yumiarni I. Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pembelajaran Klinik Bagi Mahasiswa Kebidanan. United For International Development. 2003.

Kemal N.S. Anne H TR, Ali Z, Yumiarni I. Laporan Penilaian Program Preseptor-Mentor pada Prodi Kebidanan Poltekes Bandung,. United for International Development. 2000;7.

Cahyono D. Pengaruh Mentoring Terhadap Kepuasan Kerja, Konflik peran dan Prestasi Kerja Serta Niatan Untuk Pindah. 2005.

Ideh FZ. Nursing-Midwifery Student and Teachers' View of effective factor in clinkal education. 2012;47.

Wimmers PF, Schmidt,H.G.&Splinter,T.A. Influence of Clerkship Experiences on Clinical Competence. Medical education. 2006;40:450-8.

Levy LS. Clinical Instructor Characteristics, Behaviors and Skills in Allied Health Care Settings: A Literature Review. Athletic Training Education Journal. 2009;4:8-13.

Azad Rahmani VZ, Farahnaz Abdullah zadeh. Clinical learning environment in viewpoint of nursing students in Tabriz University of Medical Sciences. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. 2011;16:253-6.

Dunn SV, Burnett. The development of a clinical learning environment scale. Journal of Advanced Nursing. 1995;22:1166-73.

Dian Apriliana Rahmawatie GRR, Titi Savitri Prihatiningsih. Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Supervisi Klinik di 12 Rumah Sakit Jejaring FK Unissula. Kedokteran dan Kesehatan. 2011;3:135-49.

Spencer J. ABC of learning and teaching in medicine: Learning and teaching in the clinical environment. BMJ. 2003;326:591-4.

Hutchinson L. ABC of teaching and learning:Educational Environtment. BMJ. 2003;326:810-2.

Depkes RI BP, editor. Pelatihan Keterampilan Melatih, . Jakarta: Depkes; 2003.

Seu Lennox JSMF. Mentorship, preceptorship and clinical supervision: Three key processes for supporting midwives. New Zealand Collefe Of Midwives. 2008;39:7-12.

Emil Huriani HM. Mentorship Sebagai Suatu Inovasi Metode Bimbingan Klinik dalam Keperawatan. 2006.

Dahlan MS. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Sastroasmoro S. Dasar - Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto; 2012.

Satari HM WF, editor. Konsistensi Penelitian. Bandung: Resika Aditama; 2012.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.76

Article Metrics

Abstract views : 212
views : 339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.