Hubungan Karakteristik Pembimbing Klinik Dengan Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Normal Pada Mahasiswa Program Diploma III Kebidanan

Kurniawati Kurniawati, Endang Sutedja, Farid Husin, Dany Hilmanto, Firman Wirakusumah, Herman Susanto, Hasan Purwana, Yoni Syukriani

Abstract


Keterampilan klinik mahasiswa merupakan elemen penting dalam membangun kompetensi lulusan pendidikan bidan. Pencapaian keterampilan klinik mahasiswa di lahan praktik  sangat bergantung pada pembimbing klinik. Karakteristik pembimbing klinik yang efektif akan menghasilkan pembelajaran klinik yang efektif. Pembelajaran klinik yang efektif akan mendukung pencapaian keterampilan klinik mahasiswa di lahan praktik.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik pembimbing klinik yang berhubungan dengan keterampilan klinik mahasiswa dalam asuhan persalinan normal. Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitatif dengan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan potong lintang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa DIII Kebidanan yang sedang praktik PKK III di ruang bersalin RSUD Banjar dan RSUD Tasikmalaya sampai dengan Juni 2013 yang berjumlah 70 orang, dan 28 orang pembimbing klinik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling.Analisis univariabel dengan distribusi frekuensi, analisis bivariabel dengan uji chi-kuadrat, dan analisis multivariabel dengan regresi logistik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan karakteristik demografi dengan keterampilan klinik mahasiswa dalam asuhan persalinan normal(p=0,022). Terdapat hubungan karakteristik kualitas pembimbing klinik  dengan keterampilan klinik asuhan persalinan normal(p=0,022). Variabel pelatihan merupakan faktor paling berperan terhadap keterampilan klinik asuhan persalinan normal (POR= 15; IK 95%= 1.629-138.156). Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan karakteristik pembimbing klinik dengan keterampilan klinik mahasiswa dalam asuhan persalinan normal. Dengan demikian dalam menentukan lahan praktik harus memperhatikan  karakteristik pembimbing klinik yang ada pada lahan praktik.


Keywords


Demografi, karakteristik; kualitas; keterampilan klinik; pembimbing klinik

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan; 2011.

Dr. Supriyantoro SP, MARS. Kebijakan Kementrian Kesehatan Dalam Penyediaan Lahan Praktik Klinik Untuk Pendidikan Bidan di Indonesia Bandung: Kementrian Kesehatan RI; 2011.

Yanti WH, editor. OSCA Panduan Praktis menghadapi UAP D III Kebidanan. Yogyakarta: Mitra Cendikia; 2008.

Retnaningsih E. Pengaruh Faktor Perilaku Layanan Kesehatan Ibu Hamil Terhadap Kematian Ibu di Empat Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan, Buletin Penelitian Kesehatan.37(2),2009:67-78

Lulianthy E, Sutisna M, Sabarudin U. Perbandingan Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi Berdasarkan Asal Institusi Pendidikan Kebidanan di Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010. Jurnal Pendidikan Bidan.2010

JNPK-KR DKRI. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta2008.

Departemen Kesehatan RI. Standar Pembelajaran Praktik Kebidanan. Jakarta: Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan; 2006.

Resnayati Y. Faktor Determinan Pengalaman Belajar Klinik Keperawatan Medikal Bedah pada Mahasiswa DIII Keperawatan.

Firoozeh Firoozehchian ZTE, Ideh Dadgaran. Nursing-Midwifery Students and teachers' views of effective factors in clinical education. 2012;47:1832-7.

J G. Preparation for teaching in clinical setting Handbook of teaching for physical therapist ed. Boston1997.

Moore ML PJ. Clinical Education in physical therapy: present status/future needs:final report of the project on clinical education in physical therapy. Alexandria,VA: American Physical Therapy Association, section E;1976.

Fu-in Tang P, RN; Shieu-ming Chou, DSN, Hsien-hsien Chiang, MSN, RN. Student Perception of Effective and Ineffective Clinical Instructors. 2005;44(4)

Knox JEM, J. Important Clinical Teacher Behaviors as Perceived By University Nursing Faculty,Student and Graduates. Journal of advanced nursing. 1985;10:25-30.

Cook LJ. Inviting Behaviors of Clinical Faculty and Nursing Student Anxiety. Journal of Nursing Education. 2005;44:156-61.

Emery MJ. Effectiveness of the clinical instructors: students' perspective. Journal of physical therapy education. 1984;64(7).

Limisran. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pembimbing klinik AKPER Sapta Karya di Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin dan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Tahun 2009. 2009.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.79

Article Metrics

Abstract views : 527
views : 659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.