Analisis Kualitas AlatUji Objective Structure Clinical Examination(OSCE) di Pendidikan Diploma III Kebidanan STIKes Rajawali

Intan Karlina, Tina Dewi Judistiani, Yuni Susanti Pratiwi, Dany Hilmanto, Endang Sutedja, Oki Suwarsa

Abstract


Penilaian kemajuan pendidikan perlu dilakukan untuk mengevaluasi kinerja peserta didik dan institusi pendidikan, apakah program pendidikan menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan standar kompetensi bidan yang telah ditetapkan. OSCE merupakan salah satu alat untuk menguji kompetensi keterampilan mahasiswa secara komprehensif meliputi aspek kognitif, psikomotor, dan afektif yang dibentuk melalui penjabaran kurikulum institusi. Kualitas alat uji OSCE mempunyai peran penting dalam menilai keterampilan klinik. Validitas alat uji perlu dianalisis oleh para penguji hingga didapatkan kesepakatan tentang mutu alat uji tersebut.STIKes Rajawali adalah satu dari tujuh institusi kebidanan Jawa Barat yang telah melaksanakan ujian akhir program dengan OSCE sejak 2012, tetapi belum pernah dilakukan evaluasi terhadap alat uji OSCE. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Wawancara mendalam dilakukan kepada empat dosen yang sudah menerapkan OSCE di Universitas Padjadjaran selama bulan Mei−Desember 2015 untuk mengetahui kualitas alat uji OSCE yang sudah diterapkan di STIKes Rajawali. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis isi.Alat uji OSCE yang sudah ada di STIKes Rajawali mengalami beberapa perbaikan: area kompetensi dalam blueprintharus mencakup perilaku profesional, jenis kasus yang diujikan harus dituliskan dengan jelas dalam blueprint. Penentuan jumlah station dilakukan berdasarkan jumlah kasus dan kompetensi yang akan diujikan. Waktu ujian harus disesuaikan dengan keterampilan yang diujikan sehingga perlu dilakukan uji coba pada kasus yang akan diujikan. Daftar tilik yang digunakan sebelumnya diubah ke dalam bentuk rubrik penilaian, diperlukannya standar pasien saat pelaksanaan OSCE. Bahasa dalam skenario kasus masih kurang jelas.Kualitas alat uji OSCE belum sesuai standar karena kelengkapan, keluasan dan kejelasan dari segi materi dan bahasa masih kurang. Berdasarkan simpulan tersebut maka perlu diadakan workshop mengenai persiapan dan pelaksanaan OSCE.

Keywords


Blueprint; daftar tilik; OSCE; skenario klinik; template

Full Text:

PDF

References


Gronlund Norman. Assessment Of Student Achivement Eighth Edition. Library Of Congress Cataloging In Publication Data. 2006. 126−131.

IBI, AIPKIND. Draft Naskah Akademik Sistem Pendidikan Kebidanan di Indonesia. editors. Jakarta: HPEQ; 2012.

Budi E, Listyaningsih E. Implementasi Pembelajaran Skill Laboratorium. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010.

Humphrey-Murto S, MacFadyen JC. Standard Setting: A Comparison of Case-author and Modified Borderline-group Methods in a Small-scale OSCE. Academic Medicine. 2002;77(7):729−32.

Shoorab Nahid, etc. A review of the validity and reliability of assessment instruments for the final examination for the midwifery students of nursing and midwifery faculty of Mashhad. Journal Of American Science. 2011 ; 504−10.

Ivone July. Assessment and evaluation. Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha. 2009.

Kopertis wilayah IV. direktori.kopertis4.or.id. 2012.

HPEQ project-DIKTI Kementerian Pendidikan &Kebudayaan Mahasiswa Kesehatan Harus Tahu! Kumpulan Referensi Mengenai Pendidikan Tinggi Ilmu Kesehatan. 2009.

Dent, John A, Harden Ronald M. A Practical Guide for medical Teacher (3rd edn). Cruchil Livingstone: 2009; 98−99

Khalidatunnur A, Rani N, Yuni PS, Tina DJ. Pengaruh Karakteristik Penguji Terhadap Derajat Kesesuaian Antar-Penguji Objective Structured Clinical Examination (Osce) Di Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unpad

Guidelines For The Development Of Objective Structured Clinical Examination (Osce) Cases. Medical Council Of Canada. 2013; 10.

AIPKIND. Pedoman Evaluasi Keterampilan Klinis Dengan Metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Jakarta. 2015

Kamran Z. Khan. The Objective Structured Clinical Examination (OSCE): AMEE Guide No. 81. Part II: Organisation & Administration. Medical Teacher. UK. 2013:35.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i2.13

Article Metrics

Abstract views : 412
views : 1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.