Perbedaan Kualitas Soft Skill Mahasiswa Sebelum dan Sesudah Pelatihan Manajemen Diri

Erni Hernawati, Ponpon S. Idjradinata, Ike Rostikawati Husen, Farid Husin, Firman F. Wirakusumah, Muhammad Nurhalim Shahib, Dewi M.D Herawati

Abstract


Institusi pendidikan bidan bertujuan mencetak lulusan bidan yang memiliki kemampuan baik secara akademik maupun non akademik dan siap kerja. Berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa hingga saat ini belum memuaskan. Salah satu cara meningkatkan kualitas soft skill mahasiswa yaitu dengan pelatihan manajemen diri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kualitas soft skill dari aspek komunikasi, kepemimpinan, dan etika mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pelatihan manajemen diri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan yang teridentifikasi nilai soft skill rendah berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Pengukuran soft skill menggunakan kuesioner. Hasil analisis penelitian kualitas soft skill mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pelatihan menunjukkan perbedaan bermakna (p<0,001). Hasil analisis paired t-test untuk aspek komunikasi diperoleh nilai p<0,001 dan uji Wilcoxon untuk aspek kepemimpinan dan etika diperoleh nilai p<0,001. Simpulan penelitian ini adalah soft skill aspek kepemimpinan mengalami peningkatan skor yang lebih tinggi sebesar 36,4%, soft skill aspek etika mendapat peningkatan skor 27,2%, sedangkan soft skill aspek komunikasi hanya meningkat 21,0%

Keywords


Kualitas soft skill; manajemen diri; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Sub Direktorat KPS. Buku panduan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi pendidikan tinggi (Sebuah alternatif penyusunan kurikulum). Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; 2008.

Sailah. Pengembangan soft skill di Perguruan Tinggi. Jakarta: [diunduh 06 Maret 2013]. Tersedia dari:

http://isailah.50webs.com/Buku%20pengembangan%20softskills%202008.pdf.

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND). Standar Nasional Pendidikan Diploma Iii Kebidanan Indonesia (Unduh 5 Juni 2014) Tersedia dari: http:// hpeq. dikti. go.id/v2/images/Produk/19.4.1DRAFT-STANDAR-PENDIDIKAN-DIPLOMA-III-KEBIDANA-12-Sept-2012.pdf.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 149 pasal 8 tahun 2010 (unduh 11 September 2013) tersedia dari:

http://www.hukor.depkes.go.id/up_prod_permenkes/PMK%20No.%20HK.02.02149%20ttg%20Izin%20Dan%20Penyelenggaraan%20Praktik%20Bidan.pdf

Kementerian Kesehatan RI. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma Kebidanan. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Kesehatan Pusat pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan; 2011.

HNC Management. Management: Developing Self Management Skills. Midlothian: Scottish Qualifications Authority; 2007.

Widhiarso, Wahyu. Evaluasi soft skills dalam pembelajaran dalam seminar dan saresehan “Evaluasi pembelajaran mata kuliah umum kependidikan”; [14 Februari 2009]; FIP UNY; UGM: Fakultas Psikologi; 2009. h. 1−2.

Kirkpatrick, D. L. Evaluating Training Programs:the four levels.USA;berrett-koehler publishers; 2005.

Wardani, Deta. S. K. Pengaruh peningkatan komunikasi efektif untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2012. [14 Maret 2013]; vol 1 (2). Tersedia dari:

http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110710233_3v.pdf

Humaira, Layyina. Pelatihan kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan persepsi perilaku kepemimpinan atasan & motivasi kerja bawahan (studi karyawan cabang Y PT.X). 2012. [10 Agustus 2014]. Tersedia dari :

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20309235.%20Pelatihan%20kepemimpinan.pdf

Nawangsari, Sunjaya DK, Wirakusumah FF. Hubungan penguasaan kompetensi asuhan persalinan normal (APN) dengan pengetahuan dan sikap bidan dalam pelaksanaan pertolongan persalinan normal di kabupaten Jombang, Jawa Timur. Maj Obstet Ginekol Indones. 2009;33(1):3−7.

Covey, S. R. The 7th habits of highly effective people (Kebiasaan manusia yang efektif). Jakarta Barat: Bina Aksara; 1997.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i2.46

Article Metrics

Abstract views : 504
views : 663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.