Penerapan Gerakan Karakter Sejuk Emosi, Hati, Akal, dan Tubuh (SEHAT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Diploma III Kebidanan

Endang Susilowati, Nanan Sekarwana, Herman Susanto, Farid Husin, Firman F Wirakusumah, Juntika Nurihsan

Abstract


Berdasarkan kajian literatur, survei, dan pengalaman di lapangan, pelayanan kebidanan belum sesuai dengan harapan. Salah satu penyebabnya adalah karakter yang dimiliki bidan belum maksimal terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter diyakini memiliki dampak yang besar dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam diri seseorang. Gerakan Karakter Sejuk, Emosi, Hati, Akal, dan Tubuh (SEHAT) merupakan upaya menggerakkan civitas akademika dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang baik berdasarkan kesejukan emosi, hati, akal, dan tubuh melalui gerakan pengungkapan nilai karakter, gerakan disiplin kampus, gerakan artikel dinding, gerakan olahraga, dan gerakan metamorfosa. Nilai karakter yang dikembangkan adalah mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, dan menghargai prestasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah action research dengan pre-post test design. Penelitian dilaksanakan selama 12 minggu, dengan masing-masing siklus selama 4 minggu. Populasinya adalah mahasiswa Diploma III Kebidanan Semester III Akademi Kebidanan (Akbid) Panti Wilasa YAKKUM Semarang dan Akbid Ar Rum Salatiga dengan jumlah 62 orang, menggunakan total populasi. Analisis data untuk nilai karakter mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, menghargai prestasi, dan motivasi belajar dilakukan dengan uji T berpasangan dan uji Wilcoxon, sedangkan pengujian hipotesisnya dengan uji Korelasi Pearson dan Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan penerapan gerakan karakter “SEHAT” meningkatan nilai karakter mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, dan menghargai prestasi (p<0,001). Penerapan gerakan karakter “SEHAT” meningkatkan motivasi belajar (p<0,001). Terdapat korelasi positif antara nilai karakter mandiri (p=0,005), tanggung jawab (p<0,001), kreatif (p=0,003), kerja keras (p=0,003), menghargai prestasi (p<0,001) dengan motivasi belajar. Simpulan hasil penelitian, penerapan gerakan karakter “SEHAT” meningkatkan nilai mandiri, tanggung jawab, kreatif, kerja keras, menghargai prestasi, dan motivasi belajar mahasiswa serta terdapat korelasi positif.


Full Text:

PDF

References


Hermanto. D. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. H.Soemarno Sosroatmojo Bulungan Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. 2012;3:60-8.

Husna A. Kinerja Bidan di Desa dalam Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2009;4:18-25.

Titaley CR, Hunter CL, Dibley MJ, Heywood P. Why do Some Women Still Prefer Traditional Birth Attendants and Home Delivery?: A Qualitative Study on Delivery Care Services in West Java Province, Indonesia. BMC pregnancy and childbirth. 2010;10:43.

Pramono MS, Sadewo FXS. Analisis Keberadaan Bidan Desa dan Dukun Bayi di Jawa Timur. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2012;15:305-13.

Susilowati. E, Mudy Oktiningrum, Niluh Nita Silfia, Desy Widyastutik, Hapsari Windayanti. Preliminary Studies. Semarang: (Dalam: Workshop Nasional Gerakan Pengembangan Karakter Dosen Kebidanan dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Institusi Kebidanan), 2014.

Slavin. RE. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Sarwiji. B, editor. Jakarta: Indeks; 2011. 96-9 p.

Ramadhani. A. Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar. Counselium. 2013;1(2):9-16.

Boekaerts. M. Motivation to Learn. Walberg HJ, editor. Chicago: IBE Publication Unit The International Academy Education; 2002. 14 p.

Brophy. J. Motivating Students to Learn. Second ed. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers; 2004. 3-11 p.

Schunk. DH, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece. Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. New Jersey: Pearson Education, Inc; 2012. 6-8,16-24,9-37,53-8,65-75,231-64,358-407 p.

Berkowitz. MW, Melinda C. Bier. What Works in Character Education. Journal of Research in Character Education. 2007;5(1):29-48.

Top. N. Character Education for Academic Achievement. Fountain Magazine. 2012.

Hartoyo. I. Pengintegrasian Pilar-Pilar Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Medan: Universitas Negeri Medan; 2013.

Lickona. T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responbility. New York City: Bantam Books; 1991. 60-165 p.

Budimansyah. D. Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press; 2014. 5-6 p.

Supriatna. M. Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2010.

Fathurrohman. P, AA Suryana, Fatriany F. Pengembangan Pendidikan Karakter. Aep Gunarsa, editor. Bandung: Refika Aditama; 2013. 106-12 p.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2010.

Siburian. P. Penanaman dan Implementasi Nilai Karakter Tanggung Jawab. The Character Building University of Medan. 2011:14-6.

Ginanjar. A. Pengembangan Karakter Rasa Ingin Tahu dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial di Kelas VII E SMP Pasundan 6 Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia; 2013.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i2.51

Article Metrics

Abstract views : 476
views : 1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.