Pengembangan Program PelatihanPreseptor Untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Kinerja Preseptor

Kurniaty Ulfah, Nanan Sekarwana, Farid Husin, Johanes Cornelius Mose, Nurhalim Shahib, Dany Hilmanto

Abstract


Sistem pembelajaran praktik klinik kebidanan yang berjalan di Indonesia selama ini dinilai belum optimal. Salah satu permasalahannya adalah masih rendahnya kualitas pembelajaran praktik klinik karena terbatasnya jumlah preseptor yang dipersiapkan melalui pelatihan. Selanjutnya, belum adanya panduan standar yang digunakan oleh preseptor dalam membimbing praktik klinik mahasiswa mengakibatkan kualitas bimbingan tidak sesuai harapan. Preseptor yang tidak dilatih mengakibatkan rendahnya efikasi diri dalam menjalankan perannya sehingga kinerja preseptor dalam membimbing praktik klinik mahasiswa tidak muncul secara optimal. Oleh karena itu, pengembangan program pelatihan preseptor sesuai dengan kebutuhan program sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengembangan program pelatihan preseptor terhadap efikasi diri dan kinerja preseptor. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi pre-post-testdesignwith control groups. Sampel penelitian ini adalah seluruh preseptor dan mahasiswa yang berpraktik klinik di ruang bersalin RSUD Majalaya sebagai kelompok perlakuan dan preseptor dan mahasiswa yang berpraktik klinik di ruang bersalin RSUD Soreang sebagai kelompok kontrol mulai dari Bulan September sampai dengan Desember 2015. Pengumpulan data menggunakan instrumen daftar tilik observasi dan kuesioner.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan efikasi diri yang bermakna pada kelompok perlakuan yaitu 10,1% dibandingkan kelompok kontrol (0,8%) (p<0,001).Skor kinerja kelompok perlakuan (68,8) lebih tinggi secara bermakna dibandingkan kelompok kontrol (37,1) (p <0,001).Program pelatihan preseptor yang dikembangkan merupakan upaya yang efektif untuk meningkatkan efikasi diri dan kinerja preseptor dalam pembelajaran praktik klinik mahasiswa kebidanan.


Keywords


Efikasi diri, kinerja, pelatihan preseptor; pembelajaran praktik klinik kebidanan

Full Text:

PDF

References


Firoozehchian F, Ezbarmi ZT, Dadgaran I. Nursing-Midwifery Students and Teachers’ Views of Effective Factors in Clinical Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2012;47(0):1832-7.

Kementerian Kesehatan RI. Survei Kualitas Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan di Indonesia (WHO) Tahun 2011-2012. In: Kementerian Kesehatan RI, editor. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.

Ulfah K, Fajrin AM, Rochmawati A, Bestari AD, Fitria, Aswitami GAP, et al. Survei Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan. 2015.

Smedley AMBGFETM. Becoming and Being a Preceptor: A Phenomenological Study. The Journal of Continuing Education in Nursing. 2008;39(4):185-91.

McClure EMSNRNC, Black LPRNCNE. The Role of the Clinical Preceptor: An Integrative Literature Review. Journal of Nursing Education. 2013;52(6):335-41.

Rebholz M, Baumgartner LM. Attributes and qualifications of successful rural nurse preceptors: preceptors' perspectives. Qualitative Report. 2015;20(2):93-119.

Zulkosky K. Self-Efficacy: A Concept Analysis. Nursing Forum. 2009;44(2):93-102.

Schunk DH. Learning Theories, An Educational Perspective. Fifth ed. Kenoyer SN, editor. New Jersey: Kevin M. Davis; 2009.

Bolton KM. Effects of an onliner education program on self-efficacy and knowledge of the clinical teacher role: a study with nursing clinical instructors. Canada: Queen's University; 2011.

Larsen R, Zahner SJ. The impact of Web-delivered education on preceptor role self-efficacy and knowledge in public health nurses. Public health nursing (Boston, Mass). 2011;28(4):349-56.

Parsons R. Improving preceptor self-efficacy using an on-line educational program [Ph.D.]. Ann Arbor: University of Minnesota; 2006.

Vos SS, Trewet CB. A comprehensive approach to preceptor development. Am J Pharm Educ. 2012;76(3):47.

Patel S, Peterson D, Lopez M, Pate GA, Gottlieb K, Greico L, et al. DACUM competency profile for the preceptor. California: Regional Health Occupations Resource Center Saddleback College, , 2001.

Mann K, Gordon J, MacLeod A. Reflection and reflective practice in health professions education: a systematic review. Adv Health Sci Educ Theory Pract. 2009;14(4):595-621.

Kube ML. The relationship of nursing faculty clinical teaching behaviors to student learning. Nebraska: College of Saint Mary; 2010.

Burns C, Beauchesne M, Ryan-Krause P, Sawin K. Mastering the Preceptor Role: Challenges of Clinical Teaching. Journal of Pediatric Health Care.20(3):172-83.

Cant RP, Cooper SJ. The benefits of debriefing as formative feedback innurse education. Australian Journal of Advanced Nursing. 2011;29(1 (Sep/Nov 2011)):37-47.

Velada R, Caetano A, Michel JW, Lyons BD, Kavanagh MJ. The effects of training design, individual characteritics and work environment on transfer of training. International Journal of Training and Development. 2007;11(4).

Nabolsi M, Zumot A, Wardam L, Abu-Moghli F. The Experience of Jordanian Nursing Students in their Clinical Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 2012;46(0):5849-57.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v3i1.61

Article Metrics

Abstract views : 355
views : 425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.