Peran Penerapan Model Pembelajaran Asuhan Persalinan Kala III dan IV Terintegrasi Terhadap Motivasi dan Kompetensi Mahasiswa Serta Kepuasan Pasien Pada Praktik Klinik Kebidanan

Lasiyati Yuswo Yani, Gaga Irawan Nugraha, Firman Fuad Wirakusumah, Farid Husin, Ishak Abdulhak, Vita Murniati Tarawan, Oki Suwarsa

Abstract


Model pembelajaran asuhan kebidanan saat ini belum menjawab kebutuhan masyarakat, sehingga diperlukan model pembelajaran alternatif dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal komptensi bidan.  Model pembelajaran terintegrasi merupakan model pembelajaran yang sistematis dan komprehensif sehingga tujuan penerapan model ini meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik kebidanan pada akhirnya diharapkan akan menimbulkan kepuasan pasien pada layanan yang diberikan mahasiswa pada praktik klinik kebidanan. Metode penelitian analitik dengan rancangan penelitian quasy experiment dengan pre test post test design.  Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total populasi dengan subjek penelitian mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta semester IV dengan jumlah 37 mahasiswa dan  ibu postpartum yang persalinan kala III dan IV nya ditolong oleh mahasiswa. Analisis uji Wilcoxon untuk menilai perbedaan motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran.  Uji Rank Spearman untuk mengetahui korelasi antara motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) dengan kepuasan pasien, serta Uji regresi linier untuk menganalisis peran kompetensi (pengetehuan, sikap dan keterampilan) terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian motivasi dan kompetensi meningkat setelah penerapan (p<0,05), dengan peningkatan 45,06% motivasi dan kompetensi, 45,06% pada aspek pengetahuan, 42,06% pada aspek sikap, 53,83% pada aspek keterampilan.  Motivasi tidak berkorelasi terhadap kompetensi dengan p>0,05.  Kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) berkorelasi terhadap kepuasan p<0,05 pasien dengan variabel sikap mempunyai korelasi cukup erat terhadap kepuasan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,687 pada r² 47,2%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran asuhan persalinan kala III dan IV meningkatkan motivasi dan kompetensi (pengetahuan, sikap dan keterampilan) mahasiswa.  Motivasi tidak berkorelasi terhadap kompetensi mahasiswa, hal ini dapat disebabkan oleh faktor mahasiswa, lingkungan keluarga, dan lingkungan pembelajaran.  Kompetensi berperan terhadap kepuasan pasien pada asuhan yang diberikan mahasiswa pada praktik klinik kebidanan.  Kompetensi yang paling berperan terhadap kepuasan pasien terletak pada aspek sikap.


Keywords


Model pembelajaran terintegrasi; motivasi; kompetensi; kepuasan

Full Text:

PDF

References


ICM. Essential competencies for basic midwifery practices. 2010.

Dirjen D. Potret ketersediaan dan kebutuhan tenaga bidan. 2011.

HPEQ. Sistem penjaminan mutu pendidikan kesehatan: sebuah kajian awal Ditjen Dikti: Kemendikbud; 2011.

Kepmenkes/369/SKII/2007 tentang standar profesi bidan, (2007).

Trianto M, Pd,. Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2014.

Drake M S. Menciptakan kurikulum terintegrasi yang berbasis standar. Jakarta: PT. Indeks; 2013.

Lerberghe WV MZ, Achadi E, Ancona C, Campbell J, Bernis L, dkk. Country experience with strengthening of health systems and deployment of midwives in countries with high maternal mortality. The Lancet. 2014;6736(14):60919−3.

Hanafiah N SC. Konsep strategi pembelajaran Bandung: PT. Refika Aditama; 2012.

VS D. Curriculum development for integrated teaching (Module)-MBBS phase I student. Asian J EXP Biol SCL. 2011;2(3):478−81.

VS D. Effect of integrated teaching versus conventional lecturing on MBBS phase I students. Recent research in science and technology. 2010;2(11):40−8.

ICM. International Confederation of Midwivesʼ Model Curriculum Outlines for Professional Midwifery Education. 2010.

Yuliza A. pengaruh penerapan model pembelajaran asuhan persalinan terintegrasi terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa DIII Kebidanan. Bandung: Universitas Padjadjaran; 2014.

Leduc Dean SV, B Lalonde, et.all. Active management of the third stage of labour: Prevention and treatment of postpartum hemorrhage. JOGC. 2099.

Ma'rifah A. Pelaksanaan manajemen aktif kala III pada BPS bidan Delima dan Non bidan Delima di Kota Medan tahun 2011: USU; 2011.

Nagdeo N MT, Kawthalkar A,. Innovative Integrated teaching for MBBS undergraduates. South East Asian Journal of Medical Education. 2013;7(2).

Keller JM. Motivational design for learning and performance: The arcs model approach. Springer. 2010.

Drs. H. Sugiyantono Ms. Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo; 2010.

Kurikulum P, Tim, Pengembangan, MKDP. Jakarta: Rajawali Pers; 2013.

Rama M K. A study on the satisfaction of patient with reference to hospital service. International of Business Economic and management Research. 2011;1(3).

Azwar A. Menjaga mutu pelayanan kesehatan aplikasi prinsip lingkaran pemecahan masalah. Jakarta: Pustaka sinar harapan; 2007.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i4.63

Article Metrics

Abstract views : 1085
views : 702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.