Penggunaan Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum Inti Pendidikan D-III Kebidanan

Lastri Winarni, Tina Judistianti, rovina ruslami, Farid Husin, Endang Sutedja, Dewi Herawati, Ponpon Idrajinata

Abstract


Peningkatan kompetensi bidan menjadi isu penting dalam penilaian kualitas lulusan kebidanan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) mengeluarkan Kurikulum Inti 2011 untuk membantu dalam proses peningkatan pembelajaran pendidikan diploma kebidanan. Capaian pembelajaran mahasiswa kebidanan cenderung rendah dan tidak sesuai dengan harapan. Salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum inti D-III kebidanan 2011 untuk mengetahui komponen kurikulum yang perlu diperbaiki. Tujuan  penelitian ini mengevaluasi kurikulum inti pendidikan D-III kebidanan saat ini dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dan menggali kurikulum yang dibutuhkan bagi pendidikan D-III Kebidanan agar lulusan bidan lebih profesional. Metode rancangan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini dilakukan pada institusi di 5 provinsi yaitu : DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur . Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam terhadap 17 responden, yang terdiri dari pembantu direktur bagian akademik, dosen pelaksana kurikulum harian, kepala bidang administrasi akademik dan mahasiswa. Analisis data meliputi transkripsi wawancara mendalam, reduksi, melakukan koding, kategorisasi dan penentuan tema. Proses evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil didapatkan bahwa komponen context yang terdiri dari SDM, peserta didik, manajemen, dukungan pemimpin, struktur kurikulum, standar kompetensi, beban belajar, isi kurikulum, dan dukungan pemerintah perlu diperbaiki. Komponen input yang terdiri dari target capaian pembelajaran, kemampuan dosen, sarana dan prasarana, kecukupan waktu pembelajaran, sumber informasi pengembangan kurikulum serta kualitas calon mahasiswa belum memadai. Komponen process yang terdiri dari koherensi pembelajaran, keterlaksanaan program, perumusan kurikulum, pemilihan strategi pembelajaran, pengorganisasian kurikulum, prosedur evaluasi, suasana akademik masih belum baik. Komponen product yang terdiri dari kualitas kemampuan mahasiswa, dampak perubahan kurikulum belum maksimal.  Simpulan diperlukan perbaikan dalam komponen Context, Input, Process, dan Product serta proses penyusunan kurikulum inti, penguatan mata kuliah, dan penguatan soft skill untuk meningkatkan kualitas lulusan bidan.

Keywords


Implementasi kurikulum kebidanan; kurikulum; pengembangan kurikulum

Full Text:

PDF

References


IBI. Kualitas Bidan Menurun. Jawa Timur: Majalah Bidan; 2014.

Hariyati S. Uji Kompetensi bagi Mahasiswa Bidang Kesehatan (Pembelajaran 2013 dan Kesiapan 2014). In: BPPSDMK BSdSP, editor. Jakarta. 2014.

HPEQ, DIKTI HP. Data Akreditasi Program Studi Kebidanan Per Februari 2012. 2012 18 September 2013]: Available from:

Gaurenti L, Walia I, Yan J, Suchaxaya P. South-East Asia Nursing and Midwifery Educational Institutions Network. Report First Meeting 7-10 May 2006. 2006

Kern DE, Thomas PA, Howard DM, Bass EB. Curriculum Development For Medical Education: A Six-Step Approach. Baltimore and London: The Johns Hopkins University Press; 1998.

Sukmadinata NS. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2012.

Hasan H. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya dan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia; 2008.

Hamalik O. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosda Karya; 2010.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.77

Article Metrics

Abstract views : 991
views : 1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.