Asupan Energi dan Protein Setelah Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan Ibu Hamil Kurang Energi Kronik di Puskesmas Kota Surabaya

Evi Nugrahini, Jusuf Effendi, Dewi Herawati, Ponpon Idjradinata, Endang Sutedja, Johanes Mose, yoni syukriani

Abstract


Masalah gizi yang paling umum dialami oleh ibu hamil adalah Kurang Energi Kronis (KEK). Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) diadakan untuk mengatasi masalah KEK, faktanya belum memberikan hasil sesuai harapan. Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan asupan energi dan protein setelah program PMT-P terhadap keberhasilan perbaikan status gizi ibu hamil. Rancangan penelitian adalah mixed method dengan strategi triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel penelitian kuantitatif adalah consecutive sampling, dengan responden 47 ibu hamil KEK. Partisipan penelitian kualitatif diambil secara purposive sampling. Analisis data kuantitatif diolah dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PMT-P pada ibu hamil KEK hanya mampu memperbaiki status gizi menjadi normal sebesar 13%. Asupan energi dan protein ibu hamil KEK setelah program PMT-P mampu mengubah status gizi menjadi normal sebesar 20%. Tidak terdapat perbedaan asupan energi dan protein setelah program PMT-P terhadap status gizi ibu hamil KEK dan normal (p>0,05). Penyebab ibu hamil KEK tidak mengalami perubahan status gizi setelah program PMT-P adalah pola makan, konsumsi makanan, status ekonomi, status kesehatan dan faktor internal yang meliputi pekerjaan dan pengetahuan.Simpulan penelitian ini adalah program PMT-P belum memberikan hasil sesuai harapan, ditandai dengan sedikitnya jumlah ibu hamil KEK yang mengalami perubahan status gizi menjadi normal. Terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi perbaikan status gizi ibu hamil KEK seperti pola makan, konsumsi makanan, status ekonomi, status kesehatan dan faktor internal yang meliputi pekerjaan dan pengetahuan. Hal yang dilakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan gizi seimbang ibu hamil melalui penyuluhan.


Keywords


Asupan Energi; asupan protein; program PMT-P; ibu hamil KEK

Full Text:

PDF

References


Faktor-faktor Penyebab Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil. Melalui [diakses 23/6/2012]

Depkes RI Direktorat Pembinaan Kesehatan Masyarakat. Pedoman Penanggulangan Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis. Jakarta. 1996.

Minarto. Rencana Aksi Pembinaan Gizi Masyarakat (RAPGM) Tahun 2010-2014. http://www.gizikia.depkes.go.id/archives/658. [diakses 22/6/2012]

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Panduan Penyelenggaraan PMT Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang dan Ibu Hamil KEK. [diakses 23/6/2012]

Sandjaja. Risiko Kurang Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di Indonesia. Gizi Indon. 2009. 32(2): 128-138.

Badan Penelitian dan Pegembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2010. Jakarta. 2010.

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Pedoman Gizi Ibu Hamil dan Pengembangan Makanan Tambahan Ibu Hamil Berbasis Pangan Lokal. Jakarta. 2010.

Chaudhary R. Biochemical Assessment of Nutritional Status of Pregnant Anemic Women after a Nutritional Supplement. Asian J. Exp. Sci. 2004; 18(1) : 95-112.

Paath EF, Rumdasih Y, Heryati. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta : EGC. 2004.

Arisman. Gizi Dalam Daur Kehidupan : Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta : EGC. 2004.

Hardinsyah. Review Faktor Determinan Keragaman Konsumsi Pangan. Jurnal Gizi dan Pangan. 2007. 2(2): 55-74

Irawan AMA, Thaha AR, Virani D. Hubungan Asupan Energi dan Protein Dengan Status IMT Dan LILA Ibu Prakonsepsional di Kecamatan Ujung Tanah dan Biringkanaya Kota Makassar.

Simarmata M. Hubungan Pola Konsumsi, Ketersediaan Pangan, Pengetahuan Gizi dan Status Kesehatan Dengan Kejadian KEK Pada Ibu Hamil di Kabupaten Simalungun. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/6724/3/ 09E00164.pdf.txt. [diakses 15/1/14]

Ausa ES, Jafar N, Indriasari R. Hubungan Pola Makan Dan Status Sosial Ekonomi Dengan Kejadian KEK Pada Ibu Hamil Di Kabupaten Gowa Tahun 2013. http://jurnal.unhas.ac.id/. [diakses 28/2/14]

Rahmaniar A, Taslim NA, Bahar B. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Di Tampa Padang Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat. Media Gizi Masyarakat Indonesia. 2013. 2(2): 98-103.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v1i1.81

Article Metrics

Abstract views : 3153
views : 3526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.