Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Asuhan Persalinan

Nurul Kodiyah, Dewi Diah Herawati, Bony Wiem Lestari, Farid Husin, Firman Fuad Wirakusumah, Elsa P Setiawati

Abstract


Institusi pendidikan bidan perlu membuat suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk
meningkatkan kompetensi lulusannya. Analisis terhadap mata kuliah asuhan persalinan dilakukan agar
diketahui masalah dan rekomendasi perbaikan pembelajaran secara operasional sehingga
meningkatkan keterampilan dalam menolong persalinan. Pengembangan media pembelajaran asuhan
persalinan dilakukan dengan membuat modul dan modifikasi phantom. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian operasional, data dan metode analisis adalah kualitatif dengan pendekatan studi
kasus yang bersifat interpretivism. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam,
diskusi kelompok dan observasi serta studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah dosen pengampu
mata kuliah asuhan persalinan, mahasiswa, dosen penguji skills dan ketua prodi. Analisis data
kualitatif meliputi transkripsi, reduksi, koding, kategorisasi dan interpretasi hasil penelitian. Hasil
penelitian dari analisis situasi pembelajaran asuhan persalinan, yaitu pada proses perencanaan telah
dilakukan perumusan tujuan dan kegiatan serta penyusunan silabus namun rencana pelaksanaan
pembelajaran dan panduan praktikum belum dibuat. Proses pelaksanaan pembelajaran praktikum
belum sesuai dengan rencana terutama berkaitan dengan metode, media, jadwal dan waktu praktikum.
Proses evaluasi penilaian yang dilakukan antar lain responsi, target skill, ujian akhir semester dan ujian
keterampilan. Kendala pembelajaran praktikum yaitu kehadiran dosen, keterbatasan sarana dan
prasarana, motivasi dan keaktifan mahasiswa serta alokasi waktu. Pengembangan perencanaan dimulai
dari menentukan tujuan dari standar kompetensi, mengembangkan alat evaluasi, menetapkan kegiatan
pembelajaran, pemantapan dalam program pembelajaran. Pengembangan pelaksanaan yang
ditawarkan antara lain menentukan pre test pelaksanaan praktik, penyampaian pembelajaran sesuai
dengan perencanaan, modifikasi media praktikum dan penyusunan panduan praktikum.
Pengembangan post test dilakukan pada ranah psikomotor yang dilakukan dosen melalui pengamatan
mulai dari persiapan alat, proses praktikum, hasil dokumentasi, sikap kerja serta waktu yang
digunakan. Evaluasi juga dilakukan pada area kognitif dan afektif berupa pembobotan lisan atau
responsi (10%), tulis atau pilihan ganda dan essay (30%), portofolio atau makalah dan dokumentasi
(20%).


Keywords


Asuhan persalinan; operational research;pengembangan modul praktikum

Full Text:

PDF

References


Pusdiknakes. Kurikulum inti D-III Kebidanan. Jakarta:

Kementerian Kesehatan RI; 2011.

Peraturan Bupati Grobogan Nomor 43 tahun 2014

tentang Perubahan kedua atas peraturan Bupati

Grobogan Nomor 24 tentang penyelenggaraan Jaminan

Kesehatan Masyarakat Daerah Kabupaten Grobogan:

Munadi, Y. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan

Baru. Ciputat: Gaung Persada Press. 2008

UGM PPP. Pembelajaran Di Laboratorium. Yogyakarta:

UGM; 2005.

Kemenkes. Standar laboratorium perekam medis dan

informasi kesehatan pendidikan tenaga kesehatan.

Jakarta: Badan PPSDM Kesehatan Pusat Pelatihan

Tenaga Kesehatan; 2010.

Adilla W. Peran pembimbing praktik klinik pada praktik

klinik keperawatan Diploma III Keperawatan STIKES

An Nur. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2012.

Naido P., Smuts B., Classens M,. et al. Operational

research to improve health services: a guide for proposal

development; Decsmont Tutu TB Centre; 2013

Zachariah R, Harries D, Ishikawa N et al . Operational

research in low income countries: what, why and how?

Lancet Infect Dis; 9: 711-717. 2009

Creswell JW. Research Design Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;

Permendiknas Nomor 41 tentang Standar Proses

Pembelajaran (2007).

Kemendiknas. Sistem Penjaminan Mutu Perguruan

Tinggi (SPM-PT). Ditjen Dikti; 2010.

Uno HB. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi

Aksara; 2009.

Claramita M., Utarini A., Soebono H.,et al. Doctorpatient

communication in a Southeast Asian Setting: the

conflict between ideal and reality. Adv in Health Sci

Educ: 16:69-80. 2011.

Nursalam, E. f. Pendidikan Dalam Keperawatan,

Pembelajaran Praktikum. Jakarta, Salemba Medika;

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru

dan Dosen. 2005

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Republik Indonesi Nomor 49 Tahun 2014 tentang

Standar Nasional Pendidikan tinggi. Jakarta; 2014.

Canrinus, E.T., dkk. Self-efficacy, job satisfaction,

motivation and commitment:exploring the relationships

between indicators of teachers’ professional identity.

European Journal of Psychological Education, 2011;

, 1-18.

Schunk H. Dale. Learning Theories An Educational

perspective. Edisi Keenam. Pearson Education, Inc.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012.

Wahyuni E. Lidia. Hubungan minat belajar dan

kompetensi dengan perilaku mahasiswa D-III Kebidanan

dalam pembelajaran praktik Asuhan persalinan normal

di laboratorium Akademi Kebidanan Kutai Husada

Tenggarong. Surakarta: Sebelas Maret; 2010

Dunkin, M.J. The International Encyclopedia of

Teaching and Teacher Education. England: Pengmoon

Press; 2002



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i3.67

Article Metrics

Abstract views : 1502
views : 1963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.