Pengaruh Implementasi Praktik Community Based Medical Education (CBME) terhadap Peningkatan Kemampuan Soft Skills Kepemimpinan dan Komunikasi pada Mahasiswa DIII Kebidanan

Evi Sri Suryani, Endang Sutedja, Tita Husnitawati Madjid, Farid Husin, Dasim Budimansyah, Jusuf S Effendi, Firman Fuad Wirakusumah

Abstract


Pendidikan kesehatan berbasis masyarakat/ Community Based Medical Education (CBME) diperlukan
untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa kebidanan. Mahasiswa kebidanan harus mempunyai
kemampuan hard skills dan soft skills yang unggul untuk bisa menjadi bidan profesional yang
kompeten mampu memberikan intervensi berbasis bukti, mampu berkomunikasi, mampu memimpin
dan bekerjasama dalam tim, serta mampu memberikan solusi pada permasalahan yang sulit dalam
pelayanan kebidanan. Implementasi program tersebut selama ini belum pernah dianalisis lebih lanjut
terutama tercapainya tujuan pembelajaran soft skills meliputi kepemimpinan dan
komunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi praktik CBME
terhadap peningkatan kemampuan kepemimpinan dan komunikasi mahasiswa kebidanan. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pre eksperimen one group pre-post test design.Subjek
dalam penelitian ini adalah mahasiswa kebidanan semester VI di Akademi Kebidanan YLPP
Purwokerto. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.Terdapat pengaruh implementasi praktik
Community Based Medical Education terhadap peningkatan kemampuan soft skills kepemimpinan dan
komunikasi mahasiswa kebidanan yang dilihat dari nilai p-value (0.000) kurang dari nilai α (0.05).
Simpulan CBME merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan
kemampuan kepemimpinan dan komunikasi mahasiswa kebidanan


Keywords


Community Based Medical Education, kepemimpinan, komunikasi

Full Text:

PDF

References


Sarfraz M, Hamid S. (2014). Challenges in delivery of

skilled maternal care experiences of community

midwives in Pakistan. BMC Pregnancy and Childbirth.

Herizon, Wirda F. (2012). Pengembangan soft skills

melalui pendekatan student center learning di perguruan

tinggi. Polibisnis. 2012;4(2).

Koesno H. Bidan yang berkarakter. Bidan (Media

Komunikasi Bidan & Keluarga Indonesia). 2009.

Sailah I. (2008). Pengembangan soft skills di Perguruan

Tinggi2008. Available from:

http://isailah.50webs.com/Buku Pengembangan Soft

Skills 2008. pdf

Urif FA. Praktik kerja lapangan. Bidan (Media

Komunikasi Bidan & Keluarga Indonesia). 2011.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan

kombinasi (Mixed method). 2 ed. Bandung: Alfabeta.

Lee KH. Nurse midwifery education through graduate

programs to provide a sufficient number of high quality

nurse midwives. Journal of Education Evaluation for

Health Professions. 2006;3(5).

Haselberger D, Oberhuemer P, Perez E, Cinque M,

Capasso F. Mediating soft skills at higher education

institutions: Guidelines for thr design of learning

situations supporting soft skills achievement.

Mann KV, Holmes DB, Hayes VM, Burge FI, Viscount

PW. Community family medicine teachers' perceptions

of their teaching role. Medical Education.

;35:278−85.

Kelly L, Walters L, Rosenthal D. Community based

medical education: Is success a result of meaningful

personal learning experiences? Education for Health.

;27(1).

Kesuma D, Triatna C, Permana J. Pendidikan karakter:

kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya; 2012.

Padjadjaran FKU. Laporan studi diagnostik kemampuan

bidan lulusan program studi D3 kebidanan dalam

memberikan pelayanan bagi masyarakat di Jawa Barat.

Bandung: Universitas Padjadjaran; 2004.

Graeff JA, Elder JP, Booth EM. Communication for

health and behavior. Yogyakarta: Gadjah mada

university press; 1996.

Hergenhahn BR, Olson OMH. Theories of learning

(Teori Belajar). 7, editor. Jakarta: Kencana Prenada

media Group; 2008.

Santrock JW. Psikologi pendidikan. 2, editor. Jakarta:

Kencana; 2008.

Kelly L, Walters L, Rosenthal D. Community based

medical education: Is success a result of meaningful

personal learning experiences? Education for Health.

;27(1).

Mennin S, Mennin RP. Community based medical

education. The clinical teacher. 2006;3:90−6

HPEQ. Draft Standar Kompetensi Bidan Indonesia 26

november 2013;2011.

Mangkunegara AP. Perencanaan dan pengembangan

sumber daya manusia. Bandung: PT Refika aditama;

Astuti WD, Budijanto D. Kemampuan soft skill sumber

daya manusia kesehatan di Kabupaten Bojonegoro dan

Magetan provinsi Jawa Timur. Jurnal Manajemen

Pelayanan Kesehatan. 2009;12(4):193−8.



Digital Object Identifier

DOI : http://dx.doi.org/10.24198/ijemc.v2i3.53

Article Metrics

Abstract views : 429
views : 1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan dan Pelayanan Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Education and Midwifery Care)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal IJEMC terindeks pada:

 < 


free
hit counter View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.